Maret, Logistik Pemilu Terpenuhi

TARKA, (KAPOL).-Hingga saat ini logistik Pemilu 2019 yang sudah tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut masih mengalami kekurangan dari kebutuhan yang sesungguhnya. Diperkirakan, kebutuhan logistik Pemilu baru akan terpenuhi keseluruhannya bulan Maret mendatang.

“Kalau untuk saat ini memang masih banyak kekuranganya terutama untuk surat suara Pilpres. Namun kita masih mempunyai waktu cukup lama sehingga hal ini tidak akan mengganggu,”ujar Ketua KPU Garut, Junaedin Basri saat ditemui di Kantor KPU Garut di Jalan Suherman, Tarogong Kaler.

Dikatakan Junaedin, dari informasi yang diterimanya, surat suara Pilpres baru akan datang pada 13 sampai 14 Maret mendatang. Sedangkan surat suara untuk DPD rencananya akan datang hari ini (kemarin).

Menurutnya, dengan belum lengkapnya logistik terutama surat suara, maka kegiatan pelipatan pun belum bisa dilaksanakan. Pelipatan baru akan dilaksanakan setelah seluruh surat suara baik untuk Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten tiba di Garut.

Junaedin mengaku optimis seluruh tahapan Pemilu di Garut bisa berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pihaknya menargetkan distribusi logistik ke semua daerah sudah dapat dilaksanakan satu minggu sebelum pencoblosan.

“Maksimal H-3 seluruh logistik sudah ada di lokasi. Kita optimis semuanya berjalan lancar sesuai tahapan,” katanya.

Sementara itu Sekretaris KPU Garut, Ayi Dudi Supriadi, menambahkan, surat suara yang sudah lengkap saat ini baru untuk pemilihan DPR RI dan DPRD provinisi dan kabupaten. Adapun jumlahnya masing-masing telah sesuai dengan daftar pemilih plus dua persen sebagai cadangan.

Ayi memaparkan, surat suara untuk DPR dan DPRD provinsi totalnya sudah ada 1.934.695 ditambah kelebihan dua persen per TPS serta 1.000 cadangan untuk pemungutan ulang. Sedangkan surat suara untuk DPRD kabupaten juga sudah sesuai dapilnya masing-masing.

Sebelum dilakukan pelipatan surat suara, tuturnya, nanti terlebih dulu akan dilakukan penyortiran. Sama halnya dengan pelipatan, penyortiran pun baru akan dilaksanakan apabila seluruh surat suara telah lengkap.

“Pelipatan surat suara akan dilaksanakan di minggu kedua bulan Maret. Untuk kegiatan ini kita telah menyiapkan tempat khusus yakni di Gedung Banyu Sinergi Mandala, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota,” ucap Ayi.

Diterangkannya, saat ini KPU memang sudah menyiapkan tiga gudang untuk penyimpanan logistik Pemilu 2019. Ketiga gudang tersebut berlokasi di kawasan Pasirmuncang, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, di kawasan Copong, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota, dan yang berlokasi di kawasan Kondangsari, Kecamatan Bayongbong.

Namun karena ketiga gudang itu akan penuh oleh logistik, maka kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara tidak mungkin dilaksanakan di gudang. Dengan alasan itulah KPU kemudian menyiapkan dua tempat lain yakni Gedung Banyu Sinergi Mandala dan SOR Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul.

Masih menurut Ayi, untuk kegiatan perakitan kotak suara akan dimulai pada 25 Februari sampai 21 Maret. Sedangkan pelipatan surat suara dimulai 8 Maret sampai 15 April.(Aep Hendy S)***