Masa Tenang, Kapolda dan Pangdam Gelar Patroli di Garut

TARKI, (KAPOL).- Kondisi keamanan menjelang pelaksanaan pencoblosan pada Pemilu 2019 menjadi perhatian Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Bersama Pangdam III Siliwangi, Mayjen Tri Soewandono, Kapolda pun menggelar patroli di wilayah hukum Polres Garut, Minggu (14/4/2019).

“Patroli kita laksanakan bukan hanya di Garut tapi juga daerah lainya di Jawa Barat. Sejak kemarin malam kami sudah mulai melaksanakan patroli,” ujar Agung di sela kegiatan pengecekan posko pengamanan di kawasan Lapang Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul.

Dikatakannya, patroli juga dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan Pemilu 2019, Polri juga dibackup penuh oleh TNI.

Masyarakat harus yakin bahwa Polri dan TNI akan mengamankan dan mengawal pesta demokrasi ini sekaligus menjaga netralitas.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda juga mengimbau masyarakat untuk datang ke TPS pada 17 April nanti guna menggunakan hak politiknya.

Masyarakat juga jangan merasa khawatir akan adanya intervensi dari pihak-pihak tertentu.

“Masyarakat harus datang ke TPS dan emnggunakan hak politiknya. Jangan pernah merasa takut atau khawatir akan adanya intervensi karena Polri dan TNI selalu siap mengamankan,” katanya.

Menurut Agung, seluruh wilayah berpotensi rawan menjelang hari pemungutan suara sehingga semuanya menjadi prioritas pengamanan.

Oleh karenanya pihaknya pun telah memerintahkan seluruh kapolres
yang ada di Jawa Barat untuk tidak boleh underestimate dan harus selalu siaga.

“Semua wilayah berpotensi adanya kerawanan sehingga prioritas pengamanan berlaku untuk semua wilayah. Seperti halnya di Garut ini yang bisa dikatakan aman akan tetapi tetap kita dirikan pos pengamanan,” ucap Agung.

Lebih jauh Agung menyampaikan, untuk pengamanan Pemilu 2019, pihaknya menyiapkan 24.500 personil.

Jumlah ini belum termasuk dengan personil TNI yang mencapai 10.450.

Petugas akan terus menggelar patroli hingga seluruh tahapan Pemilu yakni sampai proses penghitungan suara selesai.

Kapolda dan Pangdam sendiri tiba di Garut dengan menggunakan helikopter sekitar pukul 09.30 WIB. Helikopter yang membawa Kapolda dan Pangdam mendarat di Lapangan Ciateul, Kecamatan Tarogogong Kidul.

Tak hanya meninjau kesiapan pos pengamanan di Lapang Ciateul, Kapolda dan pangdam juga menyempatkan berkeliling untuk menijau pos pengamanan lainnya di wilayah perkotaan Garut. (Aep Hendy S)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...