Masyarakat Diajak Jaga Kondusifitas

SINGAPARNA, (KAPOL).-Pangdam III Siliwangi, Kepolda Jawa Barat, para alim ulama serta para kyai se-Jawa Barat dan Banten berkomitmen untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Terlebih pada Pemilu April 2019 lalu, kalangan masyarakat seolah terkotak-kotak hanya karena perbedaan pilihan.

Komitmen tersebut dilakukan saat Pangdam III Siliwangi Mayor Jendral (TNI) Tri Soewandono dan Kapolda Jawa Barat Inspektur Jendral Pol Rudy Sufahriadi bersilaturahmi dengan para ulama se-Jabar dan Banten di Gedung Islamic Center Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (25/6/2019). Setidaknya hadir kurang lebih 1.500 ulama, kiayi dan masyarakat Jawa Barat-Banten dalam kegiatan tersebut.

“Jadi kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi bersama para ulama se-Jawa Barat dan Banten yang sengaja dilaksanakan di Tasikmalaya. Meski sebelumnya terkotak-kotak karena Pilpres, tapi setelah usai Pilpres, masyarakat bersatu kembali dan damai selalu di Jabar,” tutur Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal Tri Soewandono, didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, seusai acara kepada wartawan.

Tri menambahkan, pertemuan merupakan acara  halal bihalal yang bertujuan menyatukan masyarakat pasca-Pilpres. Semua pihak bersepakat bahwa hajat politik sudah usai dan kembali lagi bersama-sama membangun bangsa dan Negara.

“Semua bersepakat bersatu kembali dan membangun kembali kesejahteraan masyarakat di bawahnya. Karena para ulama, kiai dan pimpinan-pimpinan pondok pesantren banyak masyarakat di bawahnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen  Pol Rudy Sufahriadi membantah jika acara yang dilaksanakan ada kaitannya dengan proses persidangan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini. Pihaknya berharap semua lapisan masyarakat tidak sampai terprovokasi dengan kepentingan elit politik pasca Pilpres saat ini.

“Alhamdulillah, semua para ulama, kiai se-Jabar dan Banten bersepakat bahwa politik sudah usai, dan semuanya kembali lagi membangun masyarakat,” terang dia.

Menurut Rudy acara ini diinisiasi oleh Panglima Kodam III Siliwangi yang dihadiri oleh ratusan ulama dan kiai serta para ustaz se-Jabar dan Banten. Sehingga masyarakat Jabar pun diimbau untuk selalu mengikuti arahan para pimpinan agama di daerahnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa.

Hadir pula para Dandim di jajaran Kodam III Siliwangi, para Kapolres se-wilayah hukum Polda Jawa Barat, Bupati Tasikmalaya serta unsur forum komunikasi pimpinan kepala daerah. (Aris Mohamad F)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...