Mau ke Bandung Atau Tasik, Warga Bisa Coba KA Galunggung, Gratis


TARKI, (KAPOL).- PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini membuka trayek baru Bandung-Tasikmalaya. Selama sebulan, masyarakat pengguna kereta api ini bisa menggunakannya secara gratis alias tak harus membeli tiket.

Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung, Jhoni Martinus, membenarkan adanya pembukaan trayek kereta api baru Galunggung jurusan Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya. Kereta dengan trayek Bandung-Tasikmalaya ini mulai dioperasikan Rabu (26/12/2018).

“Benar, PT KAI telah membuka trayek kereta api baru dengan jurusan Bandung-Tasikmalaya, Tasikmalaya-Bandung per tanggal 26 Desember ini. Ini salah satu upaya kami untuk lebih memberi kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian,” ujar Jhoni melalui aplikasi pesan, Rabu (26/12/2018).

Dikatakannya, pemberangkatan kereta api Galunggung ini bermula dari Bandung tepatnya Stasiun Kiaracondong menuju Tasikmalaya dan sebaliknya. Setiap harinya kereta api ini berangkat dari
Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.05 Wib pagi dan tiba di Tasikmalaya pukul 09.25 Wib.

Sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Tasikmalaya tambahnya, dilakukan pada pukul 10.35 Wib dan tiba kembali di Bandung pada pukul 14.11 Wib. Kereta api ini akan berhenti di delapan stasiun untuk turun naik penumpang dari arah Bandung dan 7 stasiun dari arah Tasikmalaya, termasuk Stasiun Leles Kabupaten Garut.

“Kereta api dengan trayek baru Bandung-Tasikmalaya ini diberi nama Galunggung yang mengambil nama sebuah gunung yang sangat terkenal di Tasikmalaya,” katanya.

Lebih jauh Jhoni membeberkan, delapan stasiun yang akan dilalui untuk naik turun penumpang kereta api Galunggung dari arah Bandung menuju Tasiknalaya ini yakni Stasiun Cimekar, Rancaekek,
Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, dan Ciawi.

Sementara dari arah Tasikmalaya ke
Bandung yakni Stasiun Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Leles, Cicalengka dan Rancaekek.

Dalam satu bulan pertama, kata Jhoni, pihaknya melakukan ujicoba trayek kereta api Galunggung ini. Selama itu pula masyarakat pengguna kereta api ini tidak harus membeli karcis untuk bisa menggunakan kereta api ini.

“Untuk satu bulan pertama kita menggratiskannya bagi masyarakat yang akan menggunakannya. Masa ujicoba ini akan berlangsung mulai tanggal 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019,” ucap Jhoni.(Aep Hendy S)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...