Media Mampu Ubah BAB Sembarangan

CIHIDEUNG, (KAPOL).- Media massa memiliki peran dalam mendorong kebijakan dan mencerdaskan masyarakat.

Terutama mendorong kebijakan publik dan menyadarkan masyarakat pentingnya miliki sanitasi aman. Sekaligus menyukeskan open defecation free (ODF)– BAB Sembarangan di tahun 2020.

Demikian diungkapkan WASH SDGS Multi Country Manager SNV Rajeev Munankami saat menghadiri diskusi peran media di studio Radar TV, Jumat (21/6/2019).

“Untuk itu kami berdiskusi dengan media supaya dapat memperhatikan isu kaitan sanitasi. Mendorong cita-cita daerah yang ingin tahun mendatang sanitasi aman dapat terwujud,” katanya.

WASH Sector Leadr SNV Maria Carrerro mengatakan media massa tentu bisa memberi edukasi dan penyadaran pentingnya sanitasi aman bagi masyarakat.

Karena negara terkaya sekalipun memiliki keterbatasan anggaran. Maka dari itu perlu keterlibatan semua pihak, tidak hanya pemerintah saja.

“Pada tahun 2000 sampai 2005, 90 juta orang Indonesia sudah miliki akses toilet. Saat ini tersisa 25 juta orang yang belum mengakses toilet dengan baik. Penanganan sanitasi tidak dapat hanya menjadi beban pemerintah, SNV akan tinjau dan memetakan peluang penambahan anggaran dari mana saja, supaya bisa konsen menggarap sanitasi,” katanya. (Inu Bukhari)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...