Mendaftar Boleh Satu SK DPP

Kikim Tarkim

Kikim Tarkim

PANGANDARAN, (KAPOL).-
Ketua KPU Ciamis, Kikim Tarkim mengatakan bagi koalisi parpol pengusung yang sudah melebihi batas persyaratan 20 persen suara, boleh mendaftar dengan satu Surat Keputusan (SK) DPP Parpol yang memenuhi syarat.

Misal PDIP dan PAN diperbolehkan karena dua parpol ini sudah sesuai persyaratan administrasi pencalonan. “Boleh satu SK. Tapi biasanya ada mekanisme internal parpol koalisi melampirkan juga SK dukungannya,” kata Kikim, Minggu (26/7/2015).

Meski demikian, bagi parpol koalisi yang pas-pasan diwajibkan melampirkan SK DPP karena satu saja parpol yang tidak melampirkan, dikatakan tidak memenuhi syarat.

Pilkada Kabupaten Pangandaran diprediksi akan diikuti dua sampai tiga pasangan calon. Bagi koalisi hebat (PDIP, Golkar, Demokrat, PKS dan PPP Romahurmuzy) yang mengusung Jeje Wiradinata-Adang Hadari (Jihad) boleh satu SK DPP dari PDIP yang memiliki delapan kursi DPRD.

Begitupun PAN dengan tujuh kursi yang dikabarkan mengusung Ino Darsono-dr. Erwin. Sementara koalisi poros tengah yang akan mengusung Azizah Talita Dewi-Cucu Sulaksana, wajib melampirkan seluruh SK paprol koalisi karena pas-pasan tujuh kursi. PKB empat kursi, Nasdem dua kursi dan Gerindra satu kursi. (Jani Noor)

 

Komentari