oleh

Menikmati Festival Kopi Pangandaran

PANGANDARAN, (KAPOL).- Ragam kopi Jawa Barat bisa ditemukan di Festival Kopi yang digagas Kantor Perwakilan (KPW) Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya di Lapangan Grand Pangandaran, Jumat (25/10/2019).

Tak perlu berkeliling Jawa Barat, selama dua hari ini di lokasi tersebut cukup komplet dengan varian yang khas.

“Menikmati kopi di festival ini, sambil juga menikmati keindahan alam Pangandaran di rangkaian HUT ke-7. Banyak sekali varian jenis robusta dan arabika,” ujar Kepala KPW BI Tasikmalaya, Heru Saptaji.

Pada festival tersebut, terdapat ragam kopi Jawa Barat mulai dari Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, Bandung, Sumedang, Bogor hingga Pangandaran.

Termasuk penjajakan pertemuan antara petani dengan pengelola hotel untuk pengembangan komoditas kopi.

“Termasuk kita juga ikut dalam pengembangan kopi robusta Pangandaran. Sebab hari ini menikmati kopi sudah menjadi gaya hidup dan potensi ekspor sangat terbuka,” katanya.

Kepala Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat mengatakan kopi Jawa Barat juara dimana-mana dengan cita rasa luar biasa.

Perpaduan dengan pariwisata, dapat mendorong percepatan perekonomian wilayah.
Salah seorang juri lomba barista, Temi Riadi mengatakan kopi Jawa Barat sangat potensial.

Terlebih dengan rasa yang khas, perlu sentuhan semua elemen stakeholder untuk memacu produktifitas dan kualitas.

“Varian sangat banyak di berbagai daerah, dengan kekhasan tersendiri. Kalau hulu sampai hilirnya dikembangkan serius, potensi itu sangat luar biasa,” katanya. (KP-11)***

Komentar

News Feed