Meski Jompo dan Sedang Sakit, Nek Mamah Tetap Semangat Nyoblos

LEUWISARI, (KAPOL).-Petugas KPPS dari TPS 14 Kp. Gajahbarang Desa Ciawang Kec. Leuwisari Kab. Tasikmalaya didampingi Petugas Panwas tingkat TPS (PPL), relawan Penanggulangan Bencana dan saksi dari parpol jemput bola mendatangi warga pemilik hak pilih pemilu yang tidak bisa datang ke TPS.

Mereka yang tak bisa hadir ke TPS karena sakit dan sudah jompo. “Kami lakukan jemput bola karena mereka sudah jompo dan sakit. Sementara mereka ini sangat ingin menyalurkan hak pilihnya pada pemilu kali ini. Makanya kami datangi mereka ke rumahnya masing-masing”ucap Robi Robianto, petugas KPPS dari TPS 14 Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari di rumah Mak Mamah jompo berusia 85 tahun warga RT 03/01 Kp. Burujul Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari, Rabu (17/4/2019) di rumahnya.

Nek Mamah sendiri hidupnya sebatang kara karena anak-anaknya berada di luar kota. Ia tinggal di rumah itu atas kebaikan H. Usman salah seorang tokoh setempat yang mengizinkan rumah kontrakannya diisi oleh Nek Mamah tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Emak nyalira didieu teh, pun anak sadayana di kota. Tapi emak hoyong nyolok, hapunten nyak cep direrepot ku emak. Da pami ka ditu mah (TPS Gajahbarang) pimanaeun,” ucap Nek Mamah sambil meringis karena ia mengaku kakinya sakit.

Sementara itu Ketua KPPS TPS 14 Desa Ciawang Ranita Dewi sangat mengapresiasi semangat warga yang jompo dan sakit tetapi ingin menyalurkan hak pilihnya.

“Disaat orang yang sehat berteriak golput, tetapi nenek kita ini yang jompo dan sakit sangat bersemangat ingin menyalurkan hak pilihnya. Makanya kami dengan perasaan bangga mendatangi orang tua ini meski jaraknya cukup jauh dari TPS karena beda kampung,”kata Ranita.

Sementara itu berdasarkan hasil penghitungan suara di TPS 14 Desa Ciawang, partisipasi masyarakat mencapai lebih dari 70 persen. Mereka yang tak hadir rata-rata alasannya masih berada di luar kota untuk kerja.(Teguh Arifianto)***

Diskusikan di Facebook