Meski Sibuk, H Yod Mintaraga Sempatkan Dampingi Cucu Ikut Olimpiade Nasional

SEBAGAI politisi, Drs. H. Yod Mintaraga memang selalu disibukan dengan hal-hal berbau politik. Apalagi jelang Pemilihan Legislatif 2019 yang tinggal beberapa hari lagi. Sebagai Calon Anggota Legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat yang akan bertarung dalam Pileg 17 April mendatang, hari-harinya disibukan dengan sosialisasi, terjun langsung bertermu masyarakat di Daerah Pemilihan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Bisa dibayangkan, betapa sibuk dan capeknya politisi Partai Golkar ini. Terlebih, saat ini H. Yod masih melaksanakan tugas dan kewajibannya di parlemen bersama pemerintah.

Namun, siapa sangka. Di sela-sela kegiatannya sebagai anggota Parlemen dan menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jawa Barat serta maju kembali sebagai Caleg yang super sibuk dan padat, suami dari Hj. Tutty Ernawati ini masih menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya. H. Yod selalu berupaya untuk menyisihkan waktu untuk berkumpul bersama anak-anak, menantu dan tujuh orang cucu-cucunya.

“Tiga orang anak saya sudah menikah dan memiliki 7 orang cucu dari ketiganya. Alhasil, kini saya memiliki tugas tambahan yakni memomong cucu,” ucap H. Yod seraya tersenyum kepada “KAPOL” Senin (4/3/2019).

Menurutnya, seperti halnya saat ini, dalam kesibukan sebagai anggota Legislagif juga sebagai Caleg dirinya tetap menyisihkan waktu untuk menghadiri cucu, Muhammad Farrel Athadika (11) yang masuk babak Final dalam Olimpiade Nasional ke 8 tingkat Provinsi Jawa Barat bidang Matematika di Kota Cirebon.

Ini sebagai bentuk memotivasi cucu agar lebih bersemangat dan terus berprestasi. Tidak hanya mendampingi, melalui pesan berantai H. Yod juga meminta doa agar sang cucu yang sedang ikut lomba bisa meraih kesuksesan.

Muhammad Farrel Athadika (11) sendiri putra dari Hj. Siska Ermianti yang merupakan putri kedua H. Yod Mintaraga. Sementara Muhammad Farrel berhasil masuk Final Olimpiade Nasional ke 8 di Kota Cirebon, setelah melewati babak penyisihan tingkat Kota Bandung dengan jumlah peserta sebanyak 567 orang.

Kini putra dari pasangan Hj. Ermianti dan Hadi Kusmarani, pun berhasil lolos masuk final tingkat Provinsi Jawa Barat setelah mampu melewati babak penyisihan dengan jumlah peserta 1.200 orang.

“Meski sibuk sebagai anggota parlemen dan menjadi Caleg, tapi saya tak lupa untuk meluangkan waktu untuk cucu. Saya tidak akan lupa bahwa memiliki peran juga sebagai kakek,” tuturnya.

Dikatakan H. Yod, dirinya selalu berharap cucunya memiliki memori tersendiri tentang kakek dan neneknya. Hal ini agar pengetahuan dan pemahamannya bervariasi, termasuk mengenai bagaimana perasaan dan pembelajaran dari pengalaman. Hanya saja, selalu berupaya meluruskam jika misalnya ada yang keliru tanpa harus menjelek-jelekan, namun lebih pada memberikan pemahaman.

Dirinya dan istri sebagai kakek dan nenek selalu memberikan dukungan moral terhadap cucu. Selain pembekalan materi, anak (cucu) juga sangat membutuhkan dukungan-dukungan moral pada saat menghadapi kompetisi. Untuk itu dirinya selalu berperan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu memberikan pemahaman bahwa kompetisi bukan sekedar soal menang dan kalah, tetapi lebih dari itu, mencari pengalaman, mengukur kemampaun diri dan berlatih sportif.

“Meyakinkan pada anak bahwa mereka mampu dan tidak kalah bersaing dengan lawan-lawannya. Memberikan perhatian penuh bahwa kita selalu berada di belakang baik menang maupun kalah,” ungkapnya. (Ema Rohima)***

Diskusikan di Facebook