IKLAN
EKBIS

Nelayan Menuai Berkah Musim Kemarau

Aktivitas nelayan Cipatujah menuai berkah

Aktivitas nelayan Cipatujah menuai berkah

CIPATUJAH, (KAPOL).-
Bagi para petani musim kemarau menjadi bencana karena sulitnya sumber air. Namun bagi para nelayan justru sebaliknya. Musim kemarau malah menjadi berkah, karena jumlah ikan sangat melimpah.

Setiap harinya tidak kurang dari 15 ton ikan berhasil ditangkap nelayan Cipatujah. Penghasilan nelayan pun bertambah.

“Bedanya petani dan nelayan itu saat musim kemarau. Kalau bagi petani, kemarau itu menjadi bencana, tapi bagi kami para nelayan malah menjadi berkah. Justru musim kemarau sekarang ini ikan keluar banyak,” terang Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi Senin (10/8/2015).

Kata dia saat ini hampir semua nelayan merasakan dampak dari munculnya aneka jenis ikan di lautan. Lebih dari 80 persen nelayan tiap harinya melaut.

Ikan yang muncul saat ini di antaranya ikan tongkol, tenggiri, kembung, cemot, ikan peda dan lainnya dengan harga lumayan bagus.

Alat tangkap yang digunakan nelayan cukup dengan jaring apung yang ramah lingkungan. Semua nelayan berangkat melaut pada sore hari dan baru pulang pagi hari.

“Setiap perahu dalam sehari rata-rata mampu menghasilkan ikan antara 50 kilo gram sampai 80 kilo gram. Da harga ikan saat ini lumayan bagus,” terangnya.

Dedi menjelaskan jika kemarau terjadi dua bulan atau tiga bulan ke depan dipastikan nelayan akan menuai untung besar. Karena ikan di laut akan semakin melimpah. Bahkan untuk ikan teri akan bertebaran hingga ke bibir pantai. (Abdul Latif)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Aditya Hiracahya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Redaktur : Abdul Latif
Wartawan : Jani Noor, Imam Mudofar, Azis Abdullah, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top