All for Joomla All for Webmasters
IKLAN
BUDAYA

Ngobrol Jurnalistik Warga di Vila Rumah Cinta

GARUT, (KAPOL).-
Vila Rumah Cinta di Cibolerang Desa Karangsari Kec. Karangpawitan Kab. Garut tampak ramai. Dari penampang yang terbentang, diketahui sedang berlangsung ajang literasi media bertajuk “Ngobrol Jurnalistik Warga”, Amprok Jonghok Pustaka Sunda II, Minggu (2/8/2015).

“Ini acara halal bihalal Pustaka Sunda. Sekalian agenda memberikan workshop jurnalisme warga kepada para member group,” ujar Ketua Forum Pustaka Sunda, Harja Santana Purba kepada Kabar Priangan Online (KAPOL).

Jurnalisme warga, kata pria berkumis yang akrab di sapa Ki Hasan itu, bertujuan untuk menularkan budaya tulis di tengah-tengah masyarakat.

Fungsinya untuk menunjang gerak kegiatan Forum Pustaka Sunda yang selama ini aktif menyelematkan kearifan lokal tanah sunda.

“Yang kita ajarkan menulis, jurnalisme, dan fotografi, sebagai literasi dasar,” kata Ki Hasan.
Selama ini, imbuh laki-laki yang tengah menempuh pendidikan S3 di UTM (Universiti Teknologi Malaysia) Johor Baru Malaysia, Pustaka Sunda juga aktif mengumpulkan data-data berupa teks sunda lawas.

Data tersebut dikumpulkan dari berbagai daerah. Bahkan sampai luar negeri. Di antaranya Belanda, Inggris dan Prancis. Data-data berupa teks itu kemudian ditranskrip.

“Sekarang masih dalam tahap riset. Nah jurnalisme literasi warga ini juga bertujuan untuk mengaitkan kondisi sunda lawas yang ada di teks itu dengan kondisi sunda saat ini,” ujarnya.

Contohnya, kata Ki Hasan, ada kampung bernama Sarkanjut di tanah Sunda. Setelah di searching ternyata kampung itu sudah dikenal sejak zaman Belanda.

“Itu diketahui dari Buku Panduan Wisata yang ditulis oleh Pemerintah Belanda di tahun 1920an,” ujar Ki Hasan.

Ngobrol Jurnalistik Sunda, menurut dia menghadirkan Wartawan Senior H. Usep Romli dan Tatang Sumarsono, yang mengenalkan jurnalisme dan fotografi dasar. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab/Pemimpin Redaksi: Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Komunikasi Bisnis, Promosi, dan Iklan : Nova Soraya
Wartawan : Ibnu Bukhari, Erwin Widyagiri (Kota Tasikmalaya); Imam Mudofar, Aris M. Fitrian (Kabupaten Tasikmalaya); Ai Setiadi (Tasik Selatan); Jujang (Kabupaten Ciamis); A. Hendy, Dindin Herdiana (Kabupaten Garut); Agus Kusnadi, M. Jerry (Kabupaten Pangandaran); Azis Abdullah, Nanang Sutisna (Kabupaten Sumedang);

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

Atas