O2SN Dianggarkan dari BOS, Dewan : Itu Menyalahi Aturan

BANJAR, (KAPOL).- Anggota Komisi lll DPRD Kota Banjar, H. Mujamil kaget ketika dikonfirmasi pelaksanaan O2SN tingkat SD SMP yang dilaksanakan di Kecamatan dianggarkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dikatakan, pemerintah sudah menganggarkan untuk kegiatan O2SN dari APBD Kota.

“Itu sudah dianggarkan juga oleh dinas dan seharusnya itu menyeluruh, baik pelaksanaan ditingkat kecamatan maupun di tingkat kota,” katanya, Jumat (12/04/2019).

Senada Anggota Komisi lll DPRD Kota Banjar lainnya Budi Sutrisno mengatakan persoalan ini harus segera diluruskan jangan sampai terjadi pelanggaran oleh pihak sekolah dan dinas.

“Itu menyalahi, seharusnya semua sudah dicover dari APBD. Nanti hearing akan kita pertanyakan kaitannya dengan itu,” ucapnya.

Budi menyinggung soal Disdik yang tidak pernah rapat dengan komisi lll untuk anggaran murni sekarang ini.

“Konsekuensinya begitu, semau gue disdiknya karena memang belum ada rapat dengan komisi soal anggaran,” ujarnya.

Menurut ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Banjar Asep Sudirman, besaran dana dari BOS dikumpulkan sesuai kemampuan sekolahnya masing-masing.

Menurutnya, peruntukannya digunakan operasional siswa dan guru pendamping dalam pelaksanaan O2SN di tingkat kecamatan.

“Itu anggrannya dari masing-masing sekolah, kami hanya menindaklanjuti anggaran dari sekolah. Anggaran itu untuk pelaksanaan termasuk bekal siswa yang mewakili sekolahnya dalam mengikuti O2SN. Termasuk untuk transport dan mamin,” katanya.

Kepala Pelaksana O2SN SD-SMP Kota Banjar Heri Setiaji yang juga selaku Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar mengatakan untuk anggaran O2SN tingkat Kota sudah dianggarkan oleh Dinas Pendidikan.
“Yang dari BOS itu untuk tingkat satuan dan tingkat Kecamatan,” ujar dia. (Agus Berrie)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...