Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya Bagikan Air Bersih

TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Ratusan warga antusias mendapatkan bantuan air bersih akibat kekeringan yang terus meluas di Kota Tasikmalaya. Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya salurkan bantuan air bersi di sejumlah diantaranya, Kampung Awipari Dua, Kampung Cikawung Kelurahan Awipari dan Kp ciakar, Kelurahan Ciakar, Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Kamis (20/8/2015).

Ketua RW 05 Keleurahan Awipari, Ceceng Keri mangaku senang dengan adanya bantuan air bersih tersebut, dirinya menyebutkan warganya kerap kekurangan air bersih setiap tahun saat musim kemarau. “Kekeringan sumber air bersih melanda di RT 2, 3 dan 5, sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih,” katanya.

Dari 4 RT tersebut sebanyak 462 KK membutuhkan air bersih. Sementara jika ada air sumur warga airnya keruh dan tidak dapat dipergunakan untuk kebutuhan rumah tangga.”Kalau bisa ada bantuan subur bor dari pemerintah,” ujar Ceceng.

Salah satu warga Entin (45) menyebutkan, untuk mendapatkan air bersih dirinya harus berjalan hingga 1 km. Itupun airnya sedikit dan airnya tidak berkualitas, ungkapnya.

Ketua Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya, Lung Na Jaya mengatakan, pihaknya bersama rekan-rekan tionghoa lainnya merasa bahagia bisa berbagi dengan sesama. Selain itu, pihaknya juga merasa perlu untuk terus membangun silaturahmi guna bisa sedikit meringankan beban warga karena kekurangan air bersih.

Menurutnya, bakti sosial menyalurkan air bersih ini dilakukan sejak tahun kemarin. Dalam seminggu 3 kali pengiriman ke tempat-tempat berbeda di wilayah Kota Tasikmalaya. Dimana ada yang membutuhkan air bersih, kami paguyuban menyambanginya. Dalam satu kali kirim bisa sampai dua tengki ukuran 5000 liter,” ujarnya. (Erwin R Widiagiri)

Komentari