Pansel Sodorkan 3 Nama Calon Sekda ke Bupati

SUMEDANG, (KAPOL).- Tahapan seleksi terbuka jabatan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, tinggal beberapa langkah lagi.

Panitia Seleksi (Pansel) telah merekomendasikan tiga nama kepada Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir dan segera dipilih oleh Bupati.

Terpantau sekira pukul 13.00 Wib, para calon Sekda seperti Drs. H. Herman Suryatman, M.Si, Drs. H. Sonson Nurikhsan, M.Si dan Drs. H. Endah Kusyaman saling berdatangan ke Gedung Negara (GN) untuk bertemu dengan Bupati Sumedang diruangannya.

Mereka bertiga pun enggan diwawancarai oleh sejumlah awak media, dan hanya mengobrol dengan beberapa orang yang kebetulan hadir.

Saat dikonfirmasi Jum’at petang (7/12), Dony mengatakan bahwa dari tiga nama ini telah diwawancarai oleh Bupati dengan didampingi Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan.

Ketiganya pun digali konsep ketiganya untuk membantu Bupati dalam mewujudkan visi Sumedang simpati.

Adapun untuk rincian wawancara itu kata Dony, meliputi tugas seorang Sekda salam membantu kepala daerah, untuk bisa mewujudkan visi Sumedang simpati seperti apa konsepnya, bagaimana meningkatkan kinerja birokrasi untuk mengkoordinasikan setiap SKPD.

Selain itu kata Dony, Sekda harus paham betul bagaimana melakukan reformasi birokrasi, membantu Bupati untuk mencari pendanaan membangun Sumedang dan membantu pencegahan korupsi (zona integritas bebas korupsi) dan masih banyak lagi.

“Dari tiga nama ini akan kami proses sesuai dengan ketentuan hasil musyawarah dan akan disampaikan kepada Pa Gubernur hari Senin (10/12) untuk meminta rekomendasi juga ke Komite ASN, baru setelah itu mendapat ijin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dilantik,” tuturnya.

Kendati demikian, Dony masih enggan membocorkan siapa nama yang berkompeten untuk menjadi Sekda pada tahapan wawancara itu.

“Semuanya bagus, yang jelas kami ingin menetapkan itu dari hasil wawancara itu menjadi referensi juga ditambah dari panitia seleksi. Kami akan objektif menilai dari ketiga orang ini memilih yang terbaik dari yang baik,” ucapnya.

Namun ia berharap siapapun nanti yang akan menjadi Sekda, dituntut untuk membantu Bupati dan Wakil Bupati untuk senantiasa mewujudkan visi misinya dalam mensejahterakan masyarakat.

“Tentunya masalah kemiskinan ini harus bisa diselesaikan, kita 10,53 persen angka kemiskinan. Saya berharap tiap tahun itu bisa berkurang atau setidaknya satu persen lah, sehingga targetnya bisa berkurang diangka enam,” ujar Dony.

Dony menambahkan Sekda terpilih harus betul-betul memiliki kapasitas untuk membantu Bupati dalam mewujudkan visi misinya.

Untuk itu ditargetkan Desember ini tahapan seleksi selesai dilakukan, sehingga awal tahun 2019, Sumedang akan punya Sekda baru.

“Tadi Kepala BKPSDM menyarankan maksimal bulan Desember ini sudah selesai. Jadi bisa dikatakan ini kado tahun barunya itu jabatan sekda baru,” kata Dony. (Azis Abdullah)***

Komentari