Panwas Kembali Tegaskan Kepala Desa Harus Netral

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya kembali melakukan langkah pencegahan lewat sosialisasi. Kali ini sasarannya para kepala desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda menuturkan para kepala desa ini merupakan ujung tombang terselenggaranya pemilu yang adil dan bersih.

Alhasil, kata Dodi, para kepala desa memiliki peran yang sangat vital dalam penyelenggaraan pemilu, khususnya hajat demokrasi masyarakat Jawa Barat yang akan berlangsung 2018 mendatang.

“Kepala desa ini sangat berperan sekali dalam hal bagaimana menciptakan pemilu yang berintegritas,” kata Dodi, Rabu (6/12/2017).

Selain itu, kata Dodi, Panwas juga ingin menegaskan bahwa kepala desa harus berada dalam posisi netral pada saat pemilu. Tidak boleh memihak pada salah satu calon apalagi sampai terlibat mengkampanyekan dan menggiring dukungan untuk calon tertentu.

“Dalam aturannya jelas itu dilarang. Makanya kami dari Panwas melakukan langkah-langkah pencegahan dan antisipasi terkait apa saja larangan yang tidak boleh dilanggar oleh para kepala desa,” kata Dodi. (Imam Mudofar)***

Komentari