IKLAN
SOSIAL

Pasca Banjir Cimanuk, Penataan Lingkungan Capai 70 %

GARUT, (KAPOL).- Pemerintah daerah bersama masyarakat Kabupaten Garut serius menata lingkungan pasca banjir bandang sungai Cimanuk, yang terjadi setahun lalu.

Penataan lingkungan ini di antaranya dengan dilakukannya penanaman pohon hampir 70 persen untuk merekonstruksi alam.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan hal itu pada acara sosialisasi kegiatan penanganan pasca bencana yang digagas Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS HL) Cimanuk, Citanduy, di Gedung Pendopo Garut, Selasa (14/11/2017).

Menurut Bupati, untuk kegiatan tersebut, PHBM dinilai lebih efektif untuk mewujudkannya, karena nantinya bisa ditanami kopi yang mecapai hampir 30 persenan dari luas lahan yang ada.

Di sisi lain dalam upaya merekonstruksi pasca bencana banjir bandang Sungai Cimanuk apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Garut kini telah mencapai hampir 70 persen pembangunan TPT di sepanjang bantaran sungai terdampak bencana.

“Selain TPT yang ada ini kita juga membangun TPT Pengendali di Cigedug, termasuk jembatannya kita bikin dua jalur, yang didanai dari APBD sendiri dan Anggara Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Banjir Bandang di Kabupaten Garut,” katanya.

Sebagaimana kita ketahui, bencana banjir bandang Sungai Cimanuk telah memporakporandakan sendi-sendi kehidupan di Kabupaten Garut.

Kerusakan dan kerugian terbesar terjadi pada sektor ekonomi, sektor permukiman, sektor sosial, sektor infrastruktur, dan lintas sektor, mengakibatkan total kerusakan dan kerugian sebesar Rp 295 Miliar lebih.

Pasca bencana banjir, upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut sebagai bagian dari program perhutanan sosial.

Itu, sebuah program nasional yang bertujuan untuk melakukan pemerataan ekonomi dan mengurangi ketimpangan ekonomi melalui tiga pilar, yaitu lahan, kesempatan usaha, dan sumberdaya manusia.

Perhutanan sosial juga menjadi benda legal untuk masyarakat disekitar kawasan hutan untuk mengelola kawasan hutan negara. (Dindin Herdiana)***

 

 

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top