Pelaku Tipu Gelap Ngaku Buka Usaha Laundry

CIHIDEUNG, (KAPOL).- Seorang pelaku yang diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan akhirnya diamankan Jajaran Polsek Cihideung Polres Tasikmalaya Kota, Kamis (8/11/2018) sekitar pukul 11.00 wib.

Pelaku melancarkan aksinya dengan modus sebagai pengusaha jasa laundry.

Kapolsek Cihideung Kompol Setyana menyebutkan, Dugaan tindak pidana Penipuan dan atau Penggelapan yang dilakukan pelaku terhadap barang milik korban Puri Santika (26) warga Sukamenak Kelurahan Sukaasih Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya.

Pelaku berinisial DS (28) warga Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Pulo Gadung Kota Jakarta Timur, setelah mendapatkan barang yang akan di laundry pelaku malah menjualnya.

Hal ini berdasarkan laporan korban yang melaporkan kejadian tersebut sekitar bulan Agustus 2018 pada pukul 11.00 wib.

Modusnya, kata Setyana, pelaku mengaku kepada korban membuka usaha jasa pencucian/laundry. Lalu korban tertarik yang kemudian menyerahkan barang miliknya kepada pelaku berupa 1 buah Karpet Bulu, 2 buah sprei, 2 buah sarung bantal untuk di laundry.

Pelaku menerangkan kepada korban untuk proses pengerjaannya paling cepat 3 hari dan paling lama 5 hari tergantung kondisi cuaca. Kemudian pelaku mencatat barang pada bon dan meminta uang pembayarannya dibayar dimuka.

Setelah barang dan uang pembayaran diserahkan korban kepada pelaku pergi membawa barang namun setalah melewati waktu yang dijanjikan terlapor tidak kunjung mengembalikan barang ke korban.

Atas hal tersebut korban megalami kerugian sekitar Rp. 4.000.000 dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cihideung guna di proses lebih lanjut. Pelaku bisa dijerat dengan pasal penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun. (Erwin RW)***

Komentari