Pelantikan Rektor Unigal Diwarnai Aksi Demo Mahasiswa

CIAMIS, (KAPOL).- Pelantikan Rektor Universitas Galuh Ciamis DR Yat Rospia Brata di auditorium Unigal diwarnai aksi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pengawal Demokrasi (AMPD) dan Forum Dosen dan Karyawan Pro Demokrasi (FDK Prodem) Kamis (5/7/2018).

Mahasiswa kecewa lantaran pihak Yayasan Pendidikan Galuh tidak melantik Rektor terpilih yang memenangkan suara terbanyak pada pemilihan dan pertimbangan Senat yang diikuti oleh 26 anggota senat.

Ketua Aliansi mahasiswa pengawal demokrasi (AMPD) Ahmad Farhanudin mengatakan, pada pemilihan calon Rektor yang dilakukan Selasa tanggal 26 Juni 2018, DR Yagus Triana meraih suara terbanyak yakni 16 suara, sedangkan DR Yat Rospia Brata hanya mendapat 10 suara.

“Tapi kenapa yang dilantik malah calon yang kalah dalam pemilihan yang dilakukan oleh senat. Kami sebagai mahasiswa dengan tegas menolak pelantikan Rektor Unigal 2018-2022 karena pelantikan ini merupakan penodaan terhadap demokrasi,” tegasnya.

Menurutnya, pelantikan Rektor Unigal ini merupakan kesewenang-wenangan pihak Yayasan Pendidikan Galuh yang memaksakan kehendaknya dan tidak melihat sisi demokrasi.

Pelantikan ini menjadi pelajaran buruk bagi mahasiswa tentang sistem demokrasi di kampus sendiri, karena calon Rektor yang dilantik adalah calon Rektor yang kalah dalam pemilihan.

“Kita sebagai mahasiswa tentu menginginkan adanya sebuah proses demokrasi yang benar, buat apa ada penjaringan calon Rektor oleh panitia kalau ujung-ujungnya malah mencederai demokrasi,” ujarnya.

Atas dasar itu pula, pihaknya meminta kepada calon Rektor terpilih oleh Senat Unigal yakni DR Yagus Triana agar menempuh jalur hukum demi tegaknya demokrasi.

“Kita akan dorong dan kawal, demi tegaknya demokrasi,” tandasnya. (Jujang) ***

Komentari