Pembalap Jabar Dominasi Rangking Dan Catat Waktu Tercepat Di Ajang Oneprix

MANGKUBUMI, (KAPOL).- Pembalap dari berbagai kota di Indonesia turut bersaing dalam ajang Kejurnas Oneprix bertajuk “Indonesia Motorprix Championship (IMC) 2019” di Sirkuit Bukit Peusar, Kota Tasikmalaya, Sabtu – Minggu (6-7/7/2019).

Para joki kuda besi rata-rata berusia muda, yang menarik ditonton khususnya para pecinta balap. Penonton yang datang pun bukan hanya dari seputar wilayah Tasikmalaya saja, namun banyak yang datang dari berbagai kota di wilayah Priangan Timur.

Ajang Indonesia Motorprix Championship ini diselenggarakan sebagai edisi pertama yang digelar PT Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) bekerjasama dengan TV One dan Ikatan Motor Indonesia, demikian dikatakan Direktur PT Oneprix Motorsport Manajemen Imam Sulisto, saat ditemui dilokasi, Sabtu (6/7/2019).

Dikatakannya, Oneprix tersebut memperlombakan tiga kelas utama yakni bebek 150 cc tune up (expert), bebek 150cc tune up (novice) dan bebek 150cc standard (rookie). Selain itu juga dibuka kelas sport 150-155cc (open qualification). Bahkan panitia juga membuka kelas pendukung, yaitu RX King Super Class 140cc tune up (open), bebek underbone 125cc engine mix (open) dan matic 150cc tune up (open).

Selain tiga kelas utama Kejuaraan Nasional yang akan dipertandingkan, ada juga kelas yang dioertandingkan Bebek 150cc Tune Up Championship di Bebek 150cc standard (ecu standard usia max 12 tahun). Sebagai sarana untuk menambah antusiasme pemirsa dan pencinta olahraga motor di tanah air, akan digelar juga kejuaraan kelas pendukung (pada setiap putaran) khusus putaran pertama di Tasikmalaya ini, akan ada RX King Super Class 140cc Tune Up (Open), Bebek Underbone 125cc Engine Mix (Open), Matic 150cc Tune Up (Open).

“tvOne bersama PT Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI), dengan bangga mempersembahkan ajang Kejuaraan Nasional Oneprix – Indonesia Motorprix Championship 2019. Putaran pertama gelaran Kejuaraan Nasional Oneprix IMC 2019 digelar di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya dan disiarkan secara langsung pukul 13.00 WIB di tvOne sebagai official broadcaster,” katanya.

Pihaknya juga, kata Imam, berterima kasih kepada seluruh team dan peserta yang turut mendukung dan berpartisipasi di Kejuaraan Oneprix-IMC 2019.

Setelah berbulan- bulan persiapan dan melakukan komunikasi dengan para pakar industri, team dan riders. “Akhirnya kami tiba di hari Launching Oneprix Seri 2019. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik untuk Motorsport di Indonesia dan dipilih Tasikmalaya,” katanya.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Sadikin Aksa mengatakan, Antusiasme para pembalap untuk dapat berlaga di Kejuaraan Nasional Oneprix – IMC 2019 sangat tinggi, terbukti lebih dari 100 orang peserta dengan lebih dari 45 tim se-Indonesia sudah mendaftar sejak 08 Mei 2019 sampai saat pendaftaran ditutup pada 21 Juni 2019.

Sementara untuk kelas pendukung pendaftaran dibuka mulai 04 Juli 2019 sampai 06 Juli 2019 melalui website.

www.oneprix.id dan pendaftaran langsung di lokasi. Jumlah peserta yang jauh melebihi slot yang sudah ditentukan membuat para rider harus bersaing lebih berat dengan mengikuti QTT (Qualifying Time Trial) sekaligus untuk menentukan posisi grid start. QTT dilaksanakan pada Hari Sabtu, 06 Juli 2019. 24 peserta yang berhasil lolos akan melangkah ke Kejuaraan Nasional Oneprix – IMC 2019 di Tasikmalaya.

“Selamat kepada para pembalap dan team yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional Oneprix – Indonesia Motorprix Championship 2019. Semoga ajang Oneprix bisa dijadikan tolak ukur balap di tingkat nasional juga dapat menghasilkan pembalap dan team yang bisa berkiprah di ajang balap internasional,” katanya.

Salah satu pembalap Jawa Barat Afridza yang terjun di kelas bebek 4T 150cc Tune Up Injections (Expert) mengungkapkan dirinya optimis bisa meraih juara dalam ajang tersebut, dirinya mencatat waktu tercepat 59.358 mengalahkan rekan se teamnya dari Jabar, F. Kete dengan cacatan wajtu 59.605 dalam Qualifying Practice.

“Event ini terobosan baru dalam membentuk kegiatan balap yang lebih professional, harapannya ini dapat berjalan berkesinambungan, agar team ataupun rider yang akan turun di Oneprix adalah mereka yang berkualitas. Selanjutnya diharapkan dapat lebih memotivasi para pelaku balap untuk ikut andil membentuk olahraga balap motor dengan visi dan misi yang lebih baik dari sekarang” katanya. (Erwin RW)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...