Pemenang Lelang Tol Cigatas, Mei

SINGAPARNA, (KAPOL).-Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ullum menjelaskan pada Mei 2019 proses tahapan teknis pengerjaan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas) bakal dimulai.

Bahkan untuk pemenang lelang bakal keluar dan ditentukan. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses realisasi. Saat ini prosesnya telah memasuki proses lelang dan penentuan lokasi (penlok).

“Saat ini masih dalam proses lelang dan bulan Mei ini sudah ada pemanang dan melaksanakan kegiatan penentuan lokasi,” jelas Uu ketika ditemui, Senin (11/2/2019).

Padatnya arus di jalur Tasikmalaya-Bandung mendorong pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat untuk melakukan pembangunan tol. Namun ia belum dapat memastikan terkait target penyelesaian pembangunan itu. Pasalnya, lanjut dia, pemerintah pusat-lah yang lebih berwenang untuk menetapkan target

“Kami berharap nantinya gerbang tol untuk Tasikmalaya merupakan gerbang yang dekat dengan wilayah kabupaten dan Kota Tasik. Sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat Tasikmalaya,” ujarnya.

Dengan begitu, diharapkan jalan tol itu dapat memberikan manfaat positif baik dari sisi ekonomi dan sosial. Selain itu, tol ini diharap dapat memangkas waktu tempuh hingga hanya sekitar satu jam saja.

Dirinya juga mengaku, saat ini kondisi jalan Tasik-Bandung setiap hari selalu padat. Sehingga, ia pun menilai kehadiran tol tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tol Cigatas ini tahap pertama. Lantas nanti tahap kedua akan dilanjutkan hingga ke Banjar. Kemudian nanti kedepannya, jalan tol itu juga akan terhubung hingga Cilacap,” papar dia.

Sementara itu Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto berharap rencana pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang dicanangkan pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat dapat segera terealisasi.

Selain bakal memudahkan mobilitas dan akses masyarakat di wilayah Priangan timur, juga keberadaannya bakal memajukan perekonomian. Termasuk bagi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya.

“Adanya tol Cigatas akan mendongkak perekonomian masyarakat di Priangan Timur, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya bakal tumbuh lebih cepat. Besar harapan kami, mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” papar Ade Sugianto, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan dia, kehadiran tol Cigatas pastinya bisa menghemat waktu dalam mobilitas warga Tasikmalaya. Juga akan mendongkrak pertumbuhan Kabupaten Tasikmalaya. Sebagai bupati dia menyatakan dalam pembangunannya nanti, meminta agar ada exit tol di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Pihaknya pun meminta nantinya ada exit tol di Tasikmalaya, misal di Ciawi atau di Kadipaten. Sehingga Kabupaten Tasikmalaya merasakan manfaatnya. Dia menambahkan, peran pemerintah daerah, pastinya akan diperbantukan dalam merealisasikan proyek ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat memberikan angin seger terkait Cigatas saat ia melakukan kunjungan di Garut pada bulan lalu Saat itu, Jokowi menyebut proyek Cigatas telah melalui tahapan penetapan lokasi (Penlok).

Ia pun menyebut sebentar lagi pemenang lelang tol Cigatas sudah ditetapkan. Setelah itu, pembangunan tol akan segera dimulai. (Aris Mohamad F)***