Pemilihan Pengurus LPM Desa Karyamukti

BANJAR, (KAPOL).- Dengan Berakhirnya masa bakti Kepengurusan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), pada 28 Maret 2019, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, menggelar pemilihan kembali kepengurusan LPM periode tahun 2019-2024, di Aula Desa Karyamukti,Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Kamis, (11/04/2019).

Dalam Kegiatan tersebut, hadir Kepala Desa Karyamukti, Yayat, didampingi Sekdes, Ede Yadi, BPD Desa Karyamukti, Dede Holik, serta para calon LPM sebanyak 14 orang calon peserta yang sudah terjaring, yang terdiri dari 30 calon peserta yang diusung oleh setiap RT.

Kepala Desa Karyamukti, Yayat, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan pemilihan LPM ini dilaksanakan karena masa bakti kepengurusan LPM sesuai dengan SK SKD Permendagri No 18 Tahun 2018, sudah berakhir pada tanggal 28 Maret 2019.

“Berhubung dengan habisnya masa bakti LPM pada bulan kemarin, maka hari ini (red-kemarin) kita buka pemilihan Ketua LPM beserta jajarannya dengan belajar secara demokrasi,” ucapnya.

Kades Yayat mengklaim jika kegiatan pemilihan LPM ini adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan di tingkat kecamatan pataruman, bahkan di Kota Banjar.

“Ini adalah pertama kalinya pemilihan ketua LPM secara langsung, bahkan di Kota Banjar,” tegasnya.

Dirinya berharap dengan adanya LPM baru, bisa sejalan dan dapat bekerjasama dengan perangkat desa, agar proses pelaksanaan pemerintah Desa Karyamukti, berjalan dengan baik dan lancar.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Badan Permusyawaratan Daerah (BPD), Dede Holik, untuk saling terikat satu sama lain, baik itu perangkat desa, maupun kepentingan masyarakat, sehingga bisa seiring dalam membangun Desa.

“LPM adalah lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa, salah satu jembatan antara pihak pemerintah dan masyarakat, sehingga mesti seiringan untuk pembangunan desa, khususnya Karyamukti,” tuturnya.

Berdasarkan hasil dari pemilihan LPM Desa Karyamukti lewat sistem votting, terjaring 7 orang pengurus LPM dari 14 calon LPM. Diantaranya, mewakili RW 01, terpilih Sahlan, dengan perolehan 13 suara, RW 02, Fahri dengan perolehan 7 suara, RW 03, Rojak dengan perolehan 11 suara, RW 04, Ulung dengan perolehan 4 suara, RW 05 Bambang Irawan, dengan perolehan 11 suara, RW 06 Sutisna, 8 suara, dan untuk keterwakilan perempuan Ibu Tuti dengan perolehan 8 suara. (Agus Berrie)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...