oleh

Pemkot Persiapkan Akses Tol Cigatas

-KANAL, SOSIAL-6 views

TASIKMALAYA, (KAPOL).-Pemkot Tasikmalaya garap pembangunan jembatan flyover jalan Lingkar Utara blok Purbaratu Kota Tasikmalaya. Akses jalan tersebut bakal menunjang menuju pintu masuk dan keluar tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Terlebih arus kendaraan saat ini belum sepenuhnya representatif untuk menghubungkan dari arah timur menuju selatan Kota Tasikmalaya. 

“Kami optimis dengan perkembangan jalan ini jika sudah tersambung. Sebab wisatawan menuju Pamijahan ataupun Cipatujah dari arah Ciamis akan lebih mudah. Jalan ini juga termasuk trase jalan yang mendukung keberadaan tol,” ujar Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi Budiman saat meninjau pembangunan jalan flyover di Kampung Saripin Kecamatan Purbaratu, Senin (23/9/2019).

Budi optimis jalan tersebut bakal rampung seiring dengan pengerjaan tol Cigatas. Meskipun banyak anggaran yang dibutuhkan mulai dari penyelesaian flyover, hingga pembangunan jembatan Ciloseh yang diprediksi memakan biaya ratusan miliar rupiah.

“Mudah-mudahan 2022 akses jalan ini rampung semua. Kalau tahun ini, flyover baru dudukannya dahulu dan ada pengurugan sepanjang 650 meter dengan biaya kurang lebih Rp 16 miliar,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya, Adang Mulyana mengatakan untuk pembangunan flyover tahun ini baru dialokasikan untuk dudukan jembatan. Tahun selanjutnya mudah-mudahan rampung hingga tersambung dari Pos AU hingga Jalan Raya Purbaratu.

“Tahun depan bisa penyelesaian flyover, lalu pengerasan jalan minimal hingga jalan Purbaratu. Mudah-mudahan anggarannya bisa tersedia agar jalan tersebut bisa difungsikan untuk kendaraan,” katanya. (KP-11)***

Komentar

News Feed