oleh

Pengorbanan Pejuang Harus Jadi Motivasi dan Inspirasi

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Perjuangan dan pengorbanan para pejuang harus menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh anak bangsa, khususnya para prajurit TNI.

Untuk itu, dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-74, jajaran TNI bersama Polri melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Jumat (4/10/2019).

Komandan Brigift 13/1 Kostrad Kolonel Inf Moch. Mahbub Junaedi bertindak sebagai Inspektur upacara, didampingi Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol. Inf. Imam Wicaksana, Dan Lanud Wiriadinata Letkol. PNB. M. Pandu Adi Subrata.

Menurut Komandan Brigift 13/1 Kostrad Kolonel Inf Moch. Mahbub Junaedi, acara ziarah yang dilakukan ini merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2019.

ziarah ini sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Indonesia dari tangan penjajah.

“Selain ziarah kita lakukan doa bersama untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela Negara. Juga bisa menjadi sumber motivasi dan inspirasi untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan Kesuma Bangsa demi kejayaan Bangsa dan Negara,” katanya.

Sehingga, kata Mahbub, seluruh TNI diminta untuk bersikap profesional secara total, untuk kesejahteraan Rakyat. “Kami yakin di Tasikmalaya aman dan masyarakatnya masih menjunjung tinggi budaya gotong royong,” katanya.

Acara Ziarah diikuti kurang lebih 300 orang dari dua matra TNI AD dan TNI AU serta Polri.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Tasikmalaya H.Muhamad Yusuf, Wakapolres Tasikmalaya Kotw Kompol Andrey Valentino, S Wakapolres Kabupaten Tasikmalaya Kompol Riki dan Ketua LVRI H. Jojo Rustandi.

Peserta upacara terdiri dari unsur pasukan dari Muspida Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, 1 SST LVRI, 1 SST Perwira TNI-Polri, 1 SST Brigif R 13/1/K, 2 SST Kodim 0612/Tasikmalaya, 1 SST TNI AU Lanud Wiriadinata, 2 SST Polri, 2 SST Satpol PP, 1 SST PNS Kodim 0612/Tasikmalaya, 1 SST Tagana Kota Tasikmalaya, 1 SST Wamil, PPM dan Pramuka, 3 SST Persit, Bayangkari serta dari Pia-Ardya Garini.

Rangkaian kegiatan ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta diakhiri dengan upacara tabur bunga di atas pusara Makam Pahlawan oleh peserta ziarah.

Sementara Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Imam Wicaksana mengatakan, kita sebagai penerus, harus bisa meneladani perjuangan para pahlawan yang sudah gugur mendahului kita dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. (KP-07).***

Komentar

News Feed