oleh

Penguatan Lima Nilai Utama Karakter

Tujuan program PKP berbasiszonasi, meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Sedangkan manfaat Program PKP berbasis zonasi, di antaranya membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik. Sekaligus memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Selain itu, zona PKP, diharapkan bisa mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas peningkatan kompetensi pembelajaran, di mana kegiatan dilakukan secara terintegrasi dalam satu area wilayah dengan mempertimbangkan jarak, akses, dan volume guru yang ikut serta.

Memudahkan dalam melakukan pemetaan kompetensi, kinerja, serta aktivitas guru. Memudahkan dalam melakukan pembinaan terhadap program peningkatan kompetensi guru sesuai dengan hasil pemetaan yang dilakukan. Memudahkan pula dalam melakukan supervisi dan koordinasi peningkatan kompetensi pembelajaran.

Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Grakan Literasi Nasional (GLN) dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) mengacu pada penguatan 5 Nilai Utama Karakter, yakni:

1. Religiositas
Beriman dan bertaqwa, menjalankan segala perintah-Nya, Disiplin beribadah, bersih. Peduli lingkungan, memanfaatkan lingkungan dengan bijak, toleransi, saling menolong/menghormati, cinta damai, dan peduli sosial
2. Nasionalisme
Cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinnekaan, demokratis, Rela berkorban, taat hukum.
3. Kemandirian
Kerja keras (etos kerja), kreatif dan inovatif, disiplin, tangguh, rasa ingin tahu dan menghargai prestasi, gemar membaca/pembelajar sepanjang hayat.
4. Gotong Royong
Kerja sama, solidaritas, kekeluargaan, bersahabat/komunikatif, berorientasi pada kemaslahatan bersama
5. Integritas
Kejujuran, keteladanan, tanggungjawab, antikorupsi, komitmen moral, cinta pada kebenaran

PPK diajarkan, dibiasakan, dilatih konsisten, menjadi kebiasaan, menjadi karakter, menjadi budaya.

Komentar

News Feed