Pengurus Bumdes Hanjuang Ikuti Pelatihan

CIAMIS, (KAPOL).- Jajaran pengurus dan anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hanjuang Desa Handapherang kecamatan Cijeungjing mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan manajemen Bumdes Rabu (6/2/2019).

Pelatihan ini pertama kali digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pengelola Bumdes Hanjuang.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Kasi Kelembagaan Masyarakat dan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Karya dan Ketua Forum BUMDesa Kabupaten Ciamis Ade Sri Wulan.

Kepala Desa Handapherang Abdurachman berharap pengelola BUMDes yang ikut pelatihan ini dapat mengelola keuangannya secara transparan, akuntable dan auditable. “Peserta juga dapat berpikir kreatif dan inovatif agar dapat menjadi enterperuner mandiri,” tuturnya.

Ketua BUMDesa Hanjuang Desa Handapherang Priatna Jidin mengapresiasi kegiatan pelatihan Bumdesa yang digelar oleh pemerintah Desa Handapherang.

“Pelatihan seperti ini memang harus terus dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan para pengelola Bumdes,” ujarnya.

Dikatakan, Bumdes Hanjuang yang selama ini bergerak di bidang wisata, jasa dan perdagangan umum dituntut terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pendapatan.

“Tentunya kita terus berbenah dalam berbagai hal, utamanya pengelolaan keuangan yang baik,” kata Jidin.

Sementara itu narasumber Kasi Kelembagaan Masyarakat dan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis Karya berharap Bumdes terus berinovasi melakukan kegiatan usahanya.

Maksimalkan potensi yang ada dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Yang terpenting sinergitas antara Bumdes dan Pemerintah Desa harus berjalan, untuk saling mendukung dan menguatkan,” katanya. (Jujang)***