IKLAN
SOSIAL

Penyandang Disabilitas di Garut, Jadi Naker Industri Besar

GARUT, (KAPOL).- Keberadaan industri besar di Kabupaten Garut yang bisa menyerap 67 penyandang disabilitas menjadi karyawan, mendapat apresiasi Bupati Garut.

Diharapkan, ke depannya jumlah tenaga kerja (Naker) penyandang disabilitas yang bisa terserap menjadi karyawan jumlahnya akan lebih banyak.

Apresiasi terhadap kebijakan pihak perusahaan yang mau menjadikan penyandang disabilitas menjadi karyawan, diungkapkan langsung Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam acara penyerahan surat keputusan penerimaan pekerja disablitas.

Kegiatan itu diselipkan dalam acara apel gabungan di Lapang Setda Garut, Senin (13/11/2017).

Dalam sambutannya, Rudy mengaku sangat bangga karena dari sekian ribu pencari kerja di Garut, ada kesempatan yang sama bagi para penyandang disabilitas untuk memperoleh hak yang sama untuk mendapat pekerjaan.

Apalagi besaran gaji yang diterima para penyandang disabilitas ini sama seperti pekerja normal pada umumnya.

“Alhamdulillah, di Garut ini ada perusahaan yang telah mau menyerap 67 penyandang disabilitas menjadi karyawan. Ini sebuah kebangaaan sehingga diharapkan bisa ditiru oleh perusahaan lainnya,” ujar Rudy.

Dikatakannya, 67 penyandang disabilitas yang diterima menjadi karyawan di perusahaan tersebut terdiri dari tuna daksa, tuna rungu, dan tuna wicara.

Mereka diterima bekerja dengan status sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Garut yang telah mempersiapkan sumber daya disabilitas untuk siap bekerja.

Sehingga ketika ada kesempatan, para penyandang disabilitas ini sudah siap bekerja.

“Apresiasi juga saya berikan kepada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Garut yang telah berupaya untuk menyamakan kaum disabilitas mendapatkan hak bekerja seperti orang pada umumnya,” kata Rudy.

Menurut Rudy, berdasarkan data PPDI, jumlah disabilitas di Kabupaten Garut sebanyak 9.300 orang.

Sedangkan yang baru bisa bekerja sesuai permintaan perusahaan saat ini baru mencapai 67 orang.

Bupati berharap ke depannya akan lebih banyak lagi penyandang disabilitas yang terserap menjadi tenaga kerja atau karyawan di Garut.

Sementara data dari Disnaker Kabupaten Garut jumlah pencari kerja saat ini berjumlah 65.761 orang. Dari jumlah sebanyak itu, yang terserap baru 2.312 orang pada September 2017.(Aep Hendy S)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top