IKLAN
LINIMASA

Penyebab Bibir Sumbing Masih Belum Ditemukan

image

Tim dokter ahli sedang melakukan operasi bibir sumbing di TMC, Minggu (13/9/2013) | ERWIN R WIDIAGIRI

TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Sedikitnya 21 bayi yang menderita bibir sumbing dioperasi dalam pengobatan dan operasi gratis  yang digelar di Rumah Sakit Tasik Medical Centre, Kota Tasikmalaya, Minggu (13/9/2015). Agenda tahunan yang digelar oleh TMC bekerja sama dengan Jalinan Kasih dengan sasaran masyarakat tidak mampu.

Dikatakan Wakil Direktur Umum dan SDM TMC, dr  Irawan R Basuki, Sampai saat ini tingkat kejadian atau kasus kelahiran anak yang menderita bibir sumbing masih tinggi, termasuk di Tasikmalaya. Faktor penyebab penyakit atau bayi menderita bibir sumbing, salah satunya adalah faktor genetik ada kelainan anantomis langit-langit mulut. Biasanya diketahui ada kelainan pada masa janin masih dalam kandungan.

Dijelaskan Irawan, penyebab sesungguhnya bibir sumbing belum bisa dipastikan. Namun faktor yang melatarbelakangi kelahiran bayi bibir sumbing karena gen. “Bisa jadi dari pola hidup sehat rendah,” katanya.

Disinggung kenapa operasi bibir sumbing gratis ini menjaring warga tidak mampu, kata Irawan, jika pengobatan atau operasi bibir sumbing secara pribadi biaya besar, bisa mencapai 20 juta sekali operasi. Sementara dalam operasi bisa ada beberapa tahapan hingga mencapai kesembuhan. Selain itu, karena kepedulian dan berbagai. “Ini rutin kita gelar setiap tahun. Kita kerjasama dengan Jalinan Kasih, karena di Tasikmalaya belum ada ahli bedah bibir sumbing. Maka kami bekerjasama dengan dokter ahli dari Jalinan Kasih,” ujar Irawan . 

Tidak ada pengaruh yang signifikan secara kesehatan bagi penderita bibir sumbing, namun kata Irawan, secara kosmetik jelas sangat berpengaruh. Sehingga bisa menjadikan mental si anak kedepan akan tertekan dalam pergaulan di lingkungannya. Selain itu, suara atau vokal juga jelas terganggu. (Erwin R Widiagiri)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top