Penyuluhan Hukum Usia Dini, Jaksa Masuk Sekolah

BANJAR, (KAPOL).- Pencegahan tindak pidana sejak usia dini. Kejaksaan Negeri Kota Banjar “Saba Sakola” Sekolah Dasar di Kota Banjar. Melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Acara JMS disambut antusias ratusan murid dan guru di Kota Banjar.

Seperti, pada saat JMS Kejari Kota Banjar mendatangi SDN 1 Sukamukti, Kec Pataruman, Kota Banjar, Senin (13/5/2019).

“Kami mendukung dan apresiasi program JMS. Ini ajang menambah ilmu dan pengetahuan hukum. Dipastikan besar mamfaatnya,” ujar Kepala SDN 1 Sukamukti Kota Banjar, Nina Rainayati. S.Pd., M.Pd.

Menurut Kasi Intelijen Kejari Kota Banjar, Ratno Timur Pasaribu, SH.MH, pemahaman hukum secara dini atau sejak usia sekolah ini sangat penting, agar para siswa mengerti dan memahami hukum yang berlaku.

“Tindak pidana itu tidak hanya dilakukan orang dewasa saja. Namun, dimungkinkan juga pelakunya itu dari kalangan anak-anak,” kata Ratno.

Bersamaan itu, dikatakan dia, diberikan penerangan tentang bahaya merokok kepada para murid.

Selain itu, dia menjelaskan, pengenalan Lembaga Kejaksaan Republik Indonesia, Perlindungan Anak dalam Perundang-undangan Indonesia dan Sistem Peradilan Pidana Anak.

Diakhir pemberian materi JMS, dikatakan dia, saat di SDN 1 Sukamukti, Kec Pataruman, Kota Banjar, dilanjutkan sesi tanya jawab.

Murid yang berhasil menjawab pertanyaan diberi hadiah buku dan alat tulis sekolah.

“Kami berharap, melalui penyuluhan hukum kepada para Pelajar tingkat SD, mampu menghindari perbuatan melawan hukum dan berperan aktif dalam upaya pencegahan terjadinya tindak pidana sejak dini,” ujar Ratno. (D.Iwan)***

Diskusikan di Facebook