Perajin Bendera di Garut Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf

LELES, (KAPOL).-Dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jojowi)-Ma’ruf Amin di Kabupaten Garut terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari para perajin bendera yang ada di wilayah Kecamatan Leles.

Pernyataan dukungan para perajin bendera yang tergabung dalam Paguyuban Perajin Bendera Beureum Bodas ditegaskan dalam acara deklarasi yang digelar di salah satu perkampungan bendera di Kampung Sayuran, Desa Haruman, Kecamatan Leles. Kegiatam tersebut dihadiri Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot dan Sekjen¬†DPP PDI Perjuangan yang juga Sekjen Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemenagan Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto.

Ketua Paguyuban Perajin Bendera Beureum Bodas, Dayun Ridwan, menyebutkan jumlah perajin bendera di Kabupaten Garut saat ini mencapai 8 ribu orang. Mereka tersebar di empat desa yang ada di Kecamatan Leles di antaranya Desa Haruman dan Cangkuang.

“Di Kecamatan Leles ini ada 8 ribu perajin bendera yang tergabung dalam Paguyuban Perajin Bendera Beureum Bodas. Kami sepakat menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf,” ujar Dayun seusai acara deklarasi, Sabtu (24/11/2018).

Dikatakannya, keputusan untuk memberikan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf bukannya tanpa alasan. Mereka menilai selama ini Jokowi sangat peduli dan memperhatikan pengusaha kecil.

Dayun berharap, deklarasi ini bisa membangkitkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Harapan ini menurutnya tidaklah berlebihan mengingat selama kepemimpinan Jokowi, pengusaha sudah merasakan banyak manfaat.

Bahkan tutur Dayun, perajin bendera pernah diundang ke istana dan diberi bantuan mesin jahit oleh Jokowi. Ini membuktikan adanya kepedulian yang nyata dari Jokowi kepada pengusaha kecil termasuk para perajin bendera.

“Wajar kalau pada akhirnya muncul rasa tanggung jawab kami untuk ikut mendukung Pak Jokowi dalam pencalonannya kembali menjadi presiden. Kami sudah benar-benar merasakan kinerjanya dan kepeduliannya,” kata Dayun.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto, menyampaikan dukungan masyarakat kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf ini sangat wajar. Ia pun mengaku bangga sekaligus berterima kasih atas dukungan yang ditegaskan melalui deklarasi tersebut.

Menurutnya, yang namanya pemimpin itu harus tumbuh dari bawah seperti halnya Jokowi. Pemimpin seperti itu akan dapat merasakan apa yang dirasakan rakyatnya sehingga tak akan mungkin menyakiti rakyatnya.

“Pak Jokowi juga sangat menghargai peofesi apapun dan tak pernah menganggap rendah. Semua profesi sangat bermartabat dan patut dihormati,” ucap Hasto.

Menanggapi banyaknya perajin bendera di kawasan Leles, Hasto mengimbau agar perkampungan bendera ini terus dikembangkan. Bukan hanya bantuan sarana, mereka juga butuh pelatihan dan bimbingan termasuk dalam hal pemasaran.

Di sisi lain Hasto memuji keuletan para perajin bendera yang ada di Kecamatan Leles ini. Produksi bendera mereka sudah menyebar bukan hanya di wilayah Provinsi Jawa Barat tapi juga keluar Pulau Jawa.(Aep Hendy S)***

Komentari