Pergi Sebentar Mengambil Air, Rumah Terbakar

MANONJAYA, (KAPOL).- Rumah warga di Dusun Cilangkap RT 25 RW 08 Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, hangus terbakar, Kamis (11/7/2019) sekitar pukul 16.30 wib.

Rumah tersebut dilalap si jago merah saat ditinggal pergi penghuni untuk mengambil air. Pemilik rumah Ade Empi (55) mengemukakan, rumah permanen berukuran 8×7 meter miliknya itu dilalap api yang berasal dari dapur.

Diduga kebakaran berasal dari tungku ketika dirinya memasak nasi dan ditinggal keluar rumah.

Adapun menurut keterangan korban yaitu korban memasak nasi dengan menggunakan tungku kemudian korban meninggalkan rumahnya untuk mengambil air ke rumah Sdr. Unung sejauh kurang lebih 1 KM karena di rumahnya tidak memiliki tempat penampungan air.

Menurut keterangan saksi Ajat Sudrajat (43) salah satu perangkat Desa, ia melihat api menjalar di atas rumah korban, secara sepontan saksi berteriak memanggil masyarakat yang berada di sekitar TKP untuk memadamkan api secara manual.

Selain itu warga juga bahu membahu mengamankan istri Ade Empi yaitu Ai Setiawati (43) yang masih berada di dalam rumah karena tidak bisa berjalan akibat menderita stroke ringan.

“Saat itu juga saya berteriak minta tolong ke warga lainya. Tak berselang lama warga berdatangan ke lokasi dan berupaya memadamkan api dengan air seadanya,” katanya.

Unung (45) ketua RW 05 menyebutkan, Api dapat dipadamkan sekitar satu jam lebih setelah 3 Unit pemadam kebakaran diterjunkan serta dibantu warga sekitar.

Api diduga berasal dari tungku, ketika korban sedang memasak nasi kemudian menjalar ke kayu yang ada di sekitar tungku.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun korban mengalami kerugian materi kurang lebih Rp 60.000.000,” katanya. (Erwin RW)***

Keterangan Foto :

Rumah Ade Empi di Dusun Cilangkap RT 25 RW 08 Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, hangus terbakar.

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...