All for Joomla All for Webmasters
IKLAN
BIROKRASI

Perombakan Pejabat Eselon Bisa Digugurkan

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Sebanyak 174 pejabat di lingkungan Pemkab. Tasikmalaya secara resmi dirotasi, Senin (8/9/2015) lalu. Pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum. Sorotan tajam tentang perombakan pejabat eselon 2, 3 dan 4 ini pun muncul. Sekretaris DPD KNPI Kab. Tasikmalaya, Dadih Abdul Hadi menilai perombakan itu terkeasan mendadak. Dugaan itu terbukti dengan tidak disertakannya SK pada saat prosesi pelantikan.

“Orang yang dilantik ini tidak menerima SK. Berarti ini bukti secara administrasi tidak matang. Terutama untuk golongan eslon 2 dan 3. Dihubunginya saja lewat telpon,” kata Dadih kepada Kapol, Selasa (8/9/2015) siang.

Selanjutnya, imbuh Dadih, khusus eselon 2 wajib melalui panitia seleksi dan terbuka untuk umum. Peraturan itu termaktub dalam undang-undang ASN (Aparatur Sipil Negara). Berdasarkan aturan tersebut, untuk pengisian pejabat eselon 2 di daerah wajib dilakukan dalam bentuk lelang terbuka lewat panitia seleksi.

“Proses ini juga tidak dilakukan. Dan perombakan birokrasi ini bisa dibatalkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara. Intinya cacat prosedur,” imbuh Dadih.

Sedangkan untuk pejabat eselon 3 ada bangak kejanggalan. Contoh kasus, dr. Asep yang sebelumnya di posisi Sekertaris Dinas Kesehatan dan dipindahkan menjadi direktur RSUD Kab. Tasikmalaya. Dari sisi integritas sangat diragukan. Pasalnya ia (dr. Asep) tengah menghadapi masalah hukum.

“Ini kan diragukan dan penuh kejanggalan,” kata Dadih.

Terlebih secara keseluruhan, perombakan pejabat eselon ini dipandang Dadih sangat tidak elok. Pasalnya dilakukan menjelang masa akhir jabatan.

“Kenapa tidak dari tiga atau dua bulan yang lalu melakukan mutasi rotasi? Ini sangat tidak etis,” kata Dadih.

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum dalam pernyataannya di koran Harian Umum Kabar Priangan edisi Selasa (8/9/2015) mengatajan rotasi dan mutasi hal yang wajar terjadi. Tujuannya Tujuannya untuk mengisi kekosongan dan menumbuhkan gairah kerja baru di masing-masing dinas.

“Tidak ada unsur like and dislike. Semua dilakukan atas dasar kebutuhan,” katanya. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab/Pemimpin Redaksi: Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Komunikasi Bisnis, Promosi, dan Iklan : Nova Soraya
Wartawan : Ibnu Bukhari, Erwin Widyagiri (Kota Tasikmalaya); Imam Mudofar, Aris M. Fitrian (Kabupaten Tasikmalaya); Ai Setiadi (Tasik Selatan); Jujang (Kabupaten Ciamis); A. Hendy, Dindin Herdiana (Kabupaten Garut); Agus Kusnadi, M. Jerry (Kabupaten Pangandaran); Azis Abdullah, Nanang Sutisna (Kabupaten Sumedang);

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

Atas