Petugas Sisir APK

 

SINGAPARNA, (KAPOL).-Meski telah memasuki hari kedua masa tenang menjelang pencoblosan pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, nyatanya masih ditemukan ratusan alat peraga kampanye (APK) milik peserta pemilu yang bertebaran terpasang di jalan-jalan protokol Kabupaten Tasikmalaya. APK tersebut merupakan milik para peserta pemilu yang belum juga ditertibkan secara sukarela.

Sehingga ratusan APK tersebut ditertibkan secara paksa dengan melibatkan petugas gabungan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Panwascam Singaparna dan Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Senin (15/4/2019).

Penyisiran dilakukan petugas mulai dari kawasan Jalan Pemkab, Rancamaya, Ciputri, Alun-Alun Singaparna dan wilayah sekitarnya ini menemukan sejumlah baligo calon anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten Tasikmalaya masih terpangpang. Petugas terpaksa harus merobek baligo karena terpasang begitu kuat dengan paku dan kawat.

“Untuk tingkat Kabupaten Tasikmalaya sudah 6 ribuan lebih APK yang ditertibkan sejak hari tenang kemarin, pelaksanaannya di masing-masing kecamatan. Kita hari ini menyisir dan membersihkan APK yang belum sempat ditertibkan,” jelas Kordonator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Moh Abduh.

Pihaknya tidak ada toleransi, karena selama masa tenang ini tidak boleh masih ada alat peraga kampanye dan bahan kampanye dari peserta pemilu. Tidak hanya di pinggir jalan, tetapi juga di rumah pemenangan dan tim sukses. Terkecuali di sekretariat partai politik, meski hanya di ijinkan hanya identitas partainya saja, tanpa ada calon peserta pemilu.

“Harus steril. Karena masa tenang ini tidak boleh ada alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang terdapat di ruang publik dan tempat umum,” tegas dia.(Aris Mohamad F)***

Diskusikan di Facebook