Pilkada Berkualitas Pertanda Pilkada Sukses

image

CIPEDES, (KAPOL).-
Komisioner Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Dr. Cholis Muchlis, M.Pd menandaskan sukses pelaksanaan Pilkada bukan dalam hal manajerial saja. Tetapi bagaimana menghasilkan Pilkada berkualitas di Kota Tasikmalaya.

Kualitas di sini, kata Cholis, bagaimana Pilkada menghasilkan Kepala Daerah yang komitmen menyejahterakan rakyatnya dan asas Pilkada tercapai jujur, adil dan rahasia tanpa tekanan serta bebas politik uang.

Demikian diungkapkan Cholis saat talkshow dengan Priangan TV di Kantor KPU Kota Tasikmalaya, Kamis (26/5/2016).

Menurutnya, KPU sebatas pelaksana sedangkan pelaku adalah calon sendiri yang diusung oleh partai politik. Maka, kalau partai politiknya menyodorkan calon terbaiknya yang komitmen dan konsisten pada rakyat, rakyat pun terdorong menjadi pemilih rasional bahwa kenapa menggunakan hak pilih karena ingin dengan memilih calon, kepentingan dia juga terpenuhi.

Diakui, politik uang kerap terjadi disetiap perhelatan Pilkada. Secara aturan sudah jelas dilarang dan tinggal para calon sendiri bagaimana mengantisipasi terjadinya politik uang.

“Disini perlunya nilai dan semangat bahwa Pilkada bukan sekedar menang tetapi ada nilai edukasi bahwa rakyat harus disodorkan ide-ide dan gagasan mengenai Kota Tasikmalaya kedepan,” ujarnya.

Memang, dalam kampanye hanya diberi tiga kali untuk melakukan dialog atau rapat terbuka. KPU juga sebenarnya ingin mendialogkan kandidat dengan masyarakat disuatu tempat terbuka yang disaksikan secara besar-besaran.

Namun karena pola dialog tertutup begitu lama hampir 39 hari, maka diharapkan bisa diefektifkan sebaik mungkin demi pilkada berkualitas tadi. (Jani Noor)

Komentari