IKLAN
PARLEMENTARIA

PKB Nilai Paripurna AKD DPRD Pangandaran Cacat Hukum

 

Anggota Fraksi PKB DPRD Pangandaran membahas ketidak terpenuhinya ketentuan quorum pada Paripurna AKD, Senin, 17 Juli 2017.*

PANGANDARAN, (KAPOL).- Ketua DPC PKB Kabupaten Pangandaran yang juga Ketua Fraksi DPRD Pangandaran, Jalaludin menilai Sidang Paripurna tentang Alat Kelengkapan DPRD (AKD) yang sedang berlangsung malam ini Senin, 17 Juli 2017, cacat hukum. Pasalnya, pelaksanaan Paripurna tidak quorum sesuai tata tertib DPRD.

“Itu Paripurna tidak sah. Segala keputusan yang akan dihasilkan cacat ukum karena menyalahi tata tertib. Peserta tidak quorum,” kata Jalal melalui sambungan telepon, Senin, 17 Juli 2017.

Menurut Jalal, setengah plus satu yang menjadi jumlah minimal quorum bagi DPRD Pangandaran adalah 19 anggota. Sementara yang hadir ada 18 anggota. Jadi, ujarnya, sidang tidak quorum yang berimplikasi pada tidak sahnya segala keputusan yang dihasilkan.

“Jumlah anggota kan 35 orang. Maka setengahnya itu 18 orang. Ini pun lebih setengah. Maka berdasar Undang-Undang kalau jumlah anggota 35 orang, setengah plus satu itu 19 orang. Dan sidang yang berjalan 18 orang. Jadi tidak quorum,” tuturnya.

Tak hanya itu, dasar pelaksanaan Paripurna juga sudah tidak sesuai ketentuan. Mulai dari tidak quorumnya rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan Rapat Pimpinan.

Dalam rapat Bamus dari jumlah anggota 17 orang, yang hadir hanya 7 orang. Begitupun ketika Rapim dari jumlah pimpinan plus pimpinan fraksi sebanyak 20 orang, yang hadir 10 orang.

“Jadi dasarnya apa ?. Sejak Bamus sampai Rapim juga tidak quorum. Otomatis Paripurna tidak sah,” ucapnya.

Paripurna pergantian AKD yang digelar di Gedung DPRD Pangandaran tidak diikuti tiga fraksi yakni Fraksi Golkar berjumlah 5 orang, PAN 8 orang dan PKB orang atau total yang tidak hadir 17 orang.

Sementara yang mengikuti Paripurna adalah Fraksi PDI Perjuangan 8 orang, Nasdem 2 orang, PPP 5 orang dan PKS 3 orang atau berjunlah 18 orang.

Atas dasar definisi quorum setengah plus satu itu minimal 19 orang, maka Fraksi PKB menilai Paripurna yang digelar sejak pukul 20.00 itu tidak sah. (Jani Noor)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top