oleh

PKN Wujud Mahasiswa Mengabdi Kepada Masyarakat

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Praktek Kerja Nyata (PKN) merupakan bagian dari proses pendidikan yang berhubungan erat dengan pembinaan Mahasiswa secara utuh serta pengembangan dan peningkatan kemampuan masyarakat.

PKN yang lahir dalam proses pengabdian pada hakekatnya adalah pelaksanaan falsafah pedidikan yang berlandaskan pada UUD 1994 dan UU Nomor 22 tahun 1961, dalam rangka pengamalan Tri Dharma Peguruan Tinggi.

Pelaksanaan PKN ini dilakukan dalam rangka penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Dipilih salah satu lokasi pedesaan yang dinilai memiliki potensi, Desa Cilampunghilir, namun perlu dilakukan pengembangan.

“Dengan tema “Mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatkan potensi lokal Desa Cilampunghilir”. Kelompok 1 PKN STISIP Tasikmalaya berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat dengan sejumlah program kerja terencana untuk meningkatkan potensi lokal Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya,” kata Ketua Koordinator Kecamatan, Asep Kustiana, Jumat (27/9/2019).

Dalam pelaksanaan program PKN Yang telah dilaksanakan, kata Asep, sebelumnya pihaknya terlebih dahulu melakukan observasi terkait permasalahan dan potensi desa selama kurang lebih 2 minggu.

Dari hasil observassi dan pendekatan kepada masyarkat, pihaknya menemukan beberapa hal yang perlu dikaji dan dikembangkan lagi.

Salah satunya, lanjut Asep, terkait peningkatan dan pengembangan BUMDes Desa Cilampunghilir sebagai salah satu sumber ekonomi yang dapat memajukan desa.

Sehingga dari asumsi dan permasalahan tersebut pihaknya menyepakati untuk membuat salah satu program kerja yaitu Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “BUMDes sebagai kekuatan ekonomi desa cilampunghilir”.

“Dalam diakusi tersebut, kami sengaja menghadirkan nara sumber dari Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Dari Kementrian Desa, H. Cecep Abdul Qoyum dan Akademisi Lina Aryani, S.IP., M.I.P,” katanya.

Selain itu, pihaknya menemukan beberapa potensi yang dapat dikembangkan juga yaitu terkait Home Industri di desa Cilampunghilir.

Namun terdapat permasalahan yg menjadi penghambat majunya home industri atau UMKM Desa Cilampunghilir yaitu terkait pemasaran.

Sehingga dengan demikian kami membuat program kerja yaitu, Workshop Kewirausahaan dengan tema Pemanfaatan Digital marketing dalam mengembangkan potensi perekonomian di desa Cilampunghilir.

“Kami menggandeng pemateri Gema Ramadhan dari PT. Shopee, Emi Hemarlini, S.E., M.Si dari DIKOPERINDAG Kabupaten Tasikmalaya, Widiaiswara DPR-RI Nurlatipah Nasir dan Dandan Haryono, S.Sos., M.Si dari Akademisi,” Ketua Koordinator Desa, Anis M Nurafiah.

Dalam agenda PKN itu juga digelar perlombaan bersama ibu-ibu PKK dan Kader Desa Cilampunghilir sebagai hiburan sekaligus perpisahan.

“Kemudian digelar pula Tabligh Akbar Menebar Manfaat Menuai Berkah, Merajut Ukhuwah Menggapai Rahmatan Lil’alamin oleh Ustad Syaiful Muflih Al Faqir sebagai penutup rangkaian PKN,” katanya. (KP-07)***

Komentar

News Feed