Plaza Asia Salurkan Sedekah dari Pelanggan

PLAZA ASIA Tasikmalaya menyalurkan sedekah pelanggan kepada 30 anak yatim dan 30 jompo serta dhuafa bertempat di Asia Resto, Plaza Asia Tasikmalaya, Kamis (11/4/2019).

Pimpinan Asia Group, Tjong Djoen Mien kepada “KP” mengatakan bahwa penyaluran sedekah pelanggan tersebut merupakan program “Shopping Charity”, di mana uang kembalian pelanggan yang tidak diambil dan didonasikan. 

“Ini sedekah para pelanggan kita kumpulkan. Rp 1.000, Rp 500, Rp 200 dan sebagainya, yang mereka sukarela berikan untuk disedekahkan, kita kumpulkan semua. Kalau sudah terkumpul, baru kita berikan kepada mereka yang memerlukannya,” katanya.

Inisiatif penyaluran sedekah tersebut karena banyak pelanggan yang belanja di Plaza Asia dan memiliki kembalian, namun tidak diambil. Saat pembayaran, kasir akan menanyakan apakah kembalian tersebut sedia didonasikan atau tidak. Jika pelanggan bersedia, maka uang kembalian tersebut akan disatukan dengan kembalian dari pelanggan lainnya untuk diserahkan kepada yang membutuhkan.

“Kita ingin memberikan sesuatu kepada mereka yang memerlukannya. Jadi, selain dari Plaza Asia sendiri yang rutin memberikan (donasi), kita juga ingin melibatkan pelanggan kita. Mungkin bagi pelanggan kita hanya Rp 100, Rp 200. Tapi kalau dikumpulkan dari ribuan pelanggan kita akan menjadi banyak. Ini yang kita kelola untuk diberika kepada mereka yang memerlukannya,” tuturnya.

Pada tahap awal program Shopping Charity ini, donasi pelanggan disalurkan kepada anak yatim dan jompo serta dhuafa. Namun ke depannya, kata Tjong, tidak tertutup kemungkinan disalurkan dalam bentuk lain, seperti dalam bentuk pengobatan gratis atau kegiatan sosial lainnya.

“Sedekah itu diberikan sukarela, tidak dipaksa dan apapun yang dikasihkan oleh pelanggan, kita salurkan. Tidak ada satu sen pun kita ambil. Kita kelola semua. Kita rencanakan saat sekarang setiap 3 bulan sekali dulu. Nanti kalau dananya sudah banyak, sebulan sekali juga bisa diadakan,” ujarnya.

Tidak hanya di Plaza Asia, program Shopping Charity ini juga dikelola oleh semua grup Asia. “Dari Asia Cirebon dulu, hingga ke semuanya. Lima cabang kita sudah melaksanakan Shopping Charity. Kalau di sini (Plaza Asia) baru pertama kali. Kalau di Cirebon sudah beberapa tahun, sudah bagus responsnya,” katanya.

Ketua panitia acara, Budiman mengatakan bahwa donasi dari pelanggan tersebut disalurkan dalam bentuk tas atau perlengkapan sekolah bagi 30 anak yatim dan sembako untuk 30 jompo dan dhuafa. Kegiatan yang diadakan bekerjasama dengan lembaga amil, zakat, dan sodakoh ini juga melibatkan perwakilan konsumen.

“Kita mengajak perwakilan konsumen supaya konsumen juga tahu, bahwa sedekahnya telah disalurkan,” katanya. (Aji MF/Adv)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...