PLN Gelar Employer Branding di ITB

BANDUNG, (KAPOL).-Guna menjaring sejumlah bibit-bibit unggul generasi masa depan, PT PLN (Persero) menggelar sejumlah even di beberapa perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Kegiatan yang dikemas dalam program employer branding ini pun tiada lain sebagai gerbang untuk meniti karir di perusahaan listrik negara tersebut.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero), I Made Suprateka, mengatakan employer branding merupakan satu program yang tugas utamanya adalah membantu bidang pengadaan pegawai (recruitment) melalui sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Salah satunya dilakukan langsung secara direct shopping, termasuk mengandalkan kekuatan PLN sebagai branding yang kuat sebagai karir masa depan dengan didukung talent scouting,” ujar Made.

Salah satu perguruan tinggi yang disasar untuk program employer branding yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Amir Rosidin selaku Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah, hadir sebagai pembicara Kuliah Umum Studium Generale di Aula Barat Kampus ITB, pada hari Sabtu (9/3/2019).

Studium Generale tersebut diikuti lebih dari 500 mahasiswa ITB dari berbagai jurusan. Hal tersebut disampaikan oleh Sandro Mihradi Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB di sela-sela persiapan pelaksanaan Studium Generale, pada Jumat (8/3/2019), di Bandung. Sandro mengatakan kuliah studium generale merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa ITB.

“Kuliah ini bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa ITB agar dapat berpikir kritis, berjiwa kebangsaan, dan menempatkan diri sebagai bagian dari solusi atas berbagai persoalan yang mungkin nanti dihadapi saat di dunia kerja,” jelas Sandro.

Sementara I Made Suprateka, lebih lanjut mengemukakan harapannya agar proses rekrutmen ini nantinya dapat memenuhi harapan PT PLN (Persero) dan juga anak-anak perusahaannya, untuk mendapatkan generasi milenial yang unggul dan meningkatkan minatnya berkarir di sana.

“Itu sebabnya dalam setiap rangkaian even road show di sejumlah perguruan tinggi, kami juga menyertakan hastag PLN seperti #PLN Solid, #PLN Terbaik dan #Energy Optimisme. Hastag ini menyertai gambaran dalam setiap kegiatan, sehingga image positif PLN dan gambaran tempat karir masa depan,” ujar Made.

Sistem rekrutmen yang menggambarkan bagaimana penjelasan informasi perihal sistem benefit and compensation yang ditawarkan oleh PLN, budaya kerja perusahaan, dan jenjang karir di PLN yang cukup menarik, diharapkan menjadi nilai lebih (value) yang ditawarkan oleh BUMN ini.

PT PLN (Persero) juga menyelenggarakan kompetisi Vlog SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) bertema “Unboxing SPLU” yang berisi karya vlog selama kurang lebih dua menit. Selain itu PLN juga menggunakan model presentasi dengan sistem hologram, sebagai sistem seleksi yang diadakan melalui sistem casting tersebut.

Melalui sentuhan inovasi dan upaya mem-viralkan branding PLN lewat kegiatan semacam ini, diharapkan dapat memperbesar minat mahasiswa, bibit generasi muda unggul dari sejumlah perguruan tinggi negeri khususnya jurusan teknik, sehingga menjadikan PLN tempat impian karir masa depan.

ITB dengan PLN telah menjalin kerjasama sejak tahun 2008 dalam bentuk kerjasama bidang pendidikan program magister di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).

Tahun ini tercatat ada 10 orang mahasiswa kerma (kerjasama) PLN angkatan 2017 yang masih berkuliah di FTMD-ITB.  Perjanjian kerjasama antara ITB dan PLN juga berlangsung di Fakultas Teknologi Industri (FTI) untuk pendidikan program studi magister logistik,  angkatan ke-1, Tahun Akademik 2018/2019.

Tahun 2018, ITB juga telah bekerjasama dengan PLN dalam program Ekspedisi Papua Terang, dimana 38 mahasiswa dan alumni muda ITB terlibat dalam survei di berbagai daerah di Papua, dengan tujuan mempercepat elektrifikasi pada daerah-daerah tersebut. (Aris Mohamad F)***