IKLAN
EDUKASI

Polisi Sahabat Anak-anak

Agus Kusnadi/"kapol"*

PANGANDARAN, (KAPOL).-Saat ditanya oleh gurunya, siapa yang ingin jadi polisi, sontak puluhan anak-anak yang merupakan murid Taman Kanak-Kanak dari Yayasan Meraih Bintang Pangandaran mengacungkan tangannya sambil berteriak, “saya mau jadi polisi buuu”. Demikian dengan polosnya puluhan murid dari TK Meraih Bintang saat berkujung ke Mapolsek Pangandaran.

Menurut Kepala Sekolah TK Meraih Bintang, Dede Mulyani, awalnya anak-anak merasa takut ketika melihat petugas polisi. Namun setelah melakukan kunjungannya ke Mapolsek Pangandaran, anak-anak terasa nyaman dan akrab dengan bapak-bapak dan ibu-ibu polisi. Mereka menyapa dengan baik dan ramah ketika rombongan masuk ke kantornya Mapolsek yang berada di jalan Merdeka Pangandaran yang di sambut langsung oleh Kepala Polsek Pangandaran Kompol Suyadhi beserta jajarannya.

“Dalam kunjungannya, anak-anak diberikan pengarahan oleh bapak polisi,” ungkap Dede saat dikonfirmasi, Kamis (7/12/2017).

Kunjungannya ke Mapolsek Pangadaran, kata Dede, dalam rangka untuk mengenalkan sejak usia dini tentang tugas dan fungsi kepolisian ditingkat Polsek.

Dalam mengisi kegiatan kunjungan, tampak Panit 1 Lantas Polsek Pangandaran Iptu Asep Prayatna mengenalkan unit fungsi yang ada di Polsek Pangandaran diantaranya seperti fungsi Lantas, fungsi Sabhara, fungsi Reskrim, fungsi Intel dan fungsi Binmas

Lalu puluhan murid diajak berkeliling ke seluruh ruangan yang ada di kantor Mapolsek, seperti ruang pelayanan SKCK, ruang Reskrim, Intel, bahkan ruang sel tahanan yang kebetulan pada saat itu tidak berpenghuni atau tidak ada tahanan alias ruang tahanan yang masih kosong.

“Nah ini ruangan tahanan bagi para penjahat yang meresahkan masyarakat, adik-adik,” ujar salahsatu petugas Binmas saat puluhan diajak mengunjungi satu ruangan tahanan yang dipenuhi dengan jeruji besi.

“Kami pun senantiasa akan melindungi adik-adik kalau ada orang jahat,” ucapnya.

Sontak, beberapa orang anak ada yang memeluk petugas polisi seakan ingin lebih dekat dengan bapak-bapak dan ibu polisi. Sampai-sampai ada salahsatu murid dalam rombongan berkata kepada ibunya yang ikut mendampingi.

“Tuh bu kalau ada yang jahat sama anaknya, sama pak polisi akan dimasukan ke penjara,” ucapnya dengan polos kepada ibunya.

Sementara Kapolsek Pangandaran, Kompol Suyadhi juga mengatakan, selain bertugas untuk mengayomi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada masyarakat. Saat ini pihaknya juga mendapat intruksi dari Kapolda Jabar untuk melakukan sambang tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha dan lainnya di wilayah hukumnya.

“Tujuannya untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara petugas polisi dengan para tokoh masyarakat, agama, pengusaha dan lainnya,” ujar Suyadhi, seraya dirinya mengatakan, sambang tokoh atau disebut Korkom sudah sejak satu bulan yang lalu ia lakukan bersama jajarannya.

“Bahkan dalam satu bulan kemarin saja, kami bisa mencapai 143 orang tokoh yang kami datangi untuk melakukan silaturahmi,” ujarnya.

Usai kunjungan, puluhan murid TK Meraih Bintang berbagi makanan kepada para petugas polisi dan bersalam-salaman sambil mendoakan agar bapak dan ibu polisi selalu sehat dan semangat dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. (Agus Kusnadi)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top