Polsek Malangbong Amankan Komplotan Pelaku Curanmor

MALANGBONG, (KAPOL).-
Aksi petualangan enam anggota komplotan pencurian spesialis kendaraan bermotor (ranmor) yang biasa beraksi di wilayah hukum Polsek Malangbong kini berakhir.

Keenamnya kini meringkuk di sel tahanan Mapolsek Malangbong setelah berhasil ditangkap tak lama setelah melakukan aksi pencurian.

Kapolsek Malangbong , Iptu Abusono membenarkan adanya enam anggota komplotan pencurian spesialis ranmor di wilayahnya.

Diduga kuat komplotan ini sudah sering melakukan aksinya sehingga sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Benar, belum lama ini kami telah berhasil mengamankan enam anggota komplotan pencurian spesialis kendaraan bermotor khususnya roda dua.  Aksi mereka sudah sangat meresahkan karena diduga telah sering,” ujar Abusono, Selasa (14/5/2019).

Dikatakannya, dari enam anggota komplotan yang berhasil diamankan, satu di antaranya berperan sebagai penadah dan lima lainnya merupakan pemetik di lapangan.

Pihaknya telah menetapkan dua anggota komplotan lainnya ke dalam daftar pencarian orang (DPO) dan saat ini masih dalam pengejaran.

Abusono menyebutkan, penangkapan terhadap enam anggota komplotan pencurian spesialis ranmor ini berawal dari adanya informasi ada seseorang yang hendak mennjalankan ksi pencurian kendaraan roda dua di wilayahnya, Jumat (26/4/2019) lalu.

Pascamenerima laporan, ia dan sejumlah anggota langsung menuju lokasi sekitar pukul 23.30 WIB.

“Di sekitar lokasi, kita terus melakukan pengintaian dan sekitar pukul 24.00 muncul seseorang yang kemudian mencoba mengutak-atik bahkan merusak kunci sebuah sepeda motor,” katanya.

Petugas tuturnya, langsung menghampiri orang tersebut yang kemudian langsung berusaha melarikan diri.

Petugas yang sudah siaga langsung melakukan pengepungan hingga akhirnya tersangka berhasil diamankan.

Setelah diperiksa, dari tangan tersangka petugas juga berhasil menemukan barang bukti berupa kunci astag.

Kunci tersebut yang biasa digunakan untuk menjebol kunci sepeda motir hingga akhirnya rusak dan berhasil dibawa kabur.

Bersama barang bukti, tambahnya, tersangka yang kemudian diketahui berinisial AS ini langsung digelandang ke Mapolsek Malangbong guna menjalani pemeriksaan.

Saat ditangkap, tersangka tengah mencoba mencuri sepeda motor Jupiter MX milik warga.

Petugas yang mencurigai jika tersangka merupakan salah satu anggota komplotan pencurian spesialis ranmor ini kemudian melakukan pengembangan kasus.

Hasilnya, diketahui jika tersangka AS memang selama ini berkomplot dalam mejalankan aksi kejahatannya dan hal itu sudah berlangsung cukup lama.

“Setalah melakukan pemeriksaan intensif, AS pun mengku pernah melakukan aksi pencurian serupa dengan beberapa orang rekannya. Kendaraan hasil curiannya kemudian mereka jual kepada salah seorang penadah yang berdomisili di wilayah selatan Garut,” ucap Abusono.

Menurutnya, dari hasil pengembangan kasus dan penyelidikan yang dilakukan, pada akhirnya petugas mengantongi lima anggota komplotan lainnya yang biasa beroperasi dengan tersangka AS.

Kelima orang tersebut yakni AA (31), SA (29), AN (22), UA (20), dan seorang penadah berinisial IS (32) yang semunaya juga telah berhasil diamankan.

Lebih jauh Abusono mengungkapkan, dari tangan para tersangka pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa tujuh unit sepeda motor dan sejumlah kunci astag.

Atas perbuatannya para tersngka dijerat pasal 363 juncto 53, 55, 56, dan 481 KUHP dengn ancaman hukuman di atas lima tahun. (Aep Hendy S)***

Diskusikan di Facebook