Porda XIII, Pengcab Wushu Ciamis Optimis Raih Prestasi

CIAMIS, (KAPOL).- Pengurus cabang (Pengcab) Wushu Kabupaten Ciamis optimis bisa mendulang prestasi pada ajang Porda XIII tahun 2018 di Kabupaten Bogor yang akan dilaksanakan 4-11 Oktober mendatang.

Optimisme tersebut muncul lantaran pada babak kualifikasi (BK) Porda XIII Desember 2017 lalu, kontingen wushu Kabupaten Ciamis mendapat hasil gemilang dengan meraih 5 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu.

Sekretaris Pengcab Wushu Kabupaten Ciamis Ade Iwan didampingi ketua Bina Prestasi Wushu Ciamis Nunik menyatakan, prestasi yang didapat pada babak kualifikasi (BK) Porda XIII tahun 2017 lalu mesti menjadi motivasi untuk tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi pada ajang Porda 2018.

Prestasi ini merupakan sebuah awal yang positif bagi pengcab wushu, dan menunjukkan sebuah keberhasilan organisasi dalam membangun cabor wushu di Kabupaten Ciamis.

“Tentunya prestasi ini berkat perjuangan pengurus terutama Ketua Pengcab Wushu Ciamis H Oih Burhanudin yang mampu memimpin dan melakukan pembinaan kepada atlet wushu secara berkelanjutan, sehingga olahraga wushu di Ciamis cepat maju dan berprestasi,” kata Ade.

Sementara itu Ketua Umum Pengcab Wushu Kabupaten Ciamis H Oih Burhanudin menyatakan, sekalipun merupakan cabor baru dan bisa dikatakan cabor bontot di Koni Ciamis.

Melalui pembinaan dan kerja keras serta kerjasama tim seluruh pengurus, pelatih juga atlet sehingga cabor wushu ini meraih rekor peraih medali terbanyak pada babak kualifikasi porda XIII 2017 lalu dibanding cabor lainya.

Pada babak kualifikasi (BK) lalu, ternyata Cabor wushu yang meraih paling banyak emas dengan 5 emas, sementara yang lainya seperti cabor sepeda hanya 2 emas, pencak silat 2 emas, tenis lapangan 1 emas, muaytai 1 emas, selam possi 1 emas, takraw 1 emas, taekwondo 1 emas dan angkat besi 1 emas.

Lanjut Oih mempertahankan 5 emas, 1 perak dan 4 perunggu pada ajang Porda XIII 2018 nanti bukan hal yang mudah, ini menjadi sebuah tanggungjawab besar dan berat, mengingat kekuatan tim-tim lain juga cukup baik diantaranya pesaing berat yakni tuan rumah Kabupaten Bogor.

“Saat ini seluruh atlet wushu Kabupaten Ciamis sedang fokus melaksanakan pemusatan latihan dan try out, sehingga diharapkan dapat menjaga kondisi fisik, skill dan mental yang baik agar nanti pada pelaksanaan Porda 2018 bisa bertanding dengan maksimal dan meraih banyak medali sesuai yang diharapkan,” ujar Wakil Bupati Ciamis yang saat ini tengah cuti.

H Oih juga mengintruksikan kepada seluruh jajaran pengurus pengcab wushu Kabupaten Ciamis agar senantiasa bekerja keras, disiplin tanggungjawab serta berperan aktif dalam membangun dan memajukan prestasi wushu di Kabupaten Ciamis pada pelaksanaan Porda XIII 2018.

Salahsatu atlet wushu Ciamis peraih 2 medali emas pada babak kualifikasi (BK) Porda XIII, Tsania Arifiati optimis bisa mempertahankan prestasi yang diraih, dan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Ciamis pada Porda XIII 2018 mendatang.

“Harus optimis ya, kami akan memberikan yang terbaik untuk Ciamis pada Porda nanti,” ucapnya.

Sekedar informasi pada Babak Kualifikasi (BK) Porda lalu, 8 Atlet Ciamis meraih 5 emas, 1 perak dan 4 perunggu.

Medali emas diraih Tsania Arifyati meraih 2 emas dari kategori taolu (pedang sama taichi), Virgi Junior taolu. Sementara di kategori Sanda, medali emas diraih Thesa Lonika Andar Hendrika dan Abdul Rohman.

Sementara medali perak masih diraih Virgi Junior dari Taolu. Untuk medali perunggu diraih enam atlet yaitu Niko Klinton Bakara, Ani Setiaputeri dan Miftahul Hidayah di kategori sanda. Sementara di kelas Taolu, perunggu diraih Kalvin, Raymond dan Mishel. (Jujang)***

Komentari