oleh

Pot Raksasa Diatas Trotoar, Tumbang Ditiup Angin

BANJAR, (KAPOL).- Sebanyak 133 pot raksasa sepanjang trotoar
pusat Kota Banjar mengalami kerusakan.

Diantara tanamannya banyak berguguran karena kekeringan. Ada juga yang tumbang akibat tak kuat ditiup angin.

Seperti halnya, pot raksasa sekitar alun-alun Banjar, Senin (19/8/2019). Peristiwa pot raksasa tumbang sempat berulang-ulang kali saat musim hujan tempo dahulu. Beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa selama ini.

Menyusul peristiwa pot raksasa yang tumbang sekitar Kantor BRI Cabang Banjar itu, Tim BPBD Kota Banjar dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar langsung evakuasi pot raksasa tumbang yang pohonnya menutupi sebagian badan jalan.

“Masih untung pot tumbang yang ketinggian pohonnya berkisar 2 meteran ini, tumbangya tidak besok (Selasa,20/8/2019). Karena, kawasan sekitar itu merupakan rute pawai alegoris tingkat Kota Banjar besok,” kata Hermayadi (41) warga Banjar.

Lebih lanjut dia menduga penyebab pot raksasa tumbang itu, akibat akar tanaman yang didalam pot tak bisa menembus tanah secara bebas, karena terganjal tembok trotoar.

“Akibat ukuran pot yang besar, banyak pejalan kaki yang protes. Karena, hak pejalan kaki terhalangi pot raksasa yang ada dipinggi jalan raya itu,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Pertamanan dan Pengelolaan Lingkungan Kidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, H. Ninding K, menyatakan jumlah pot raksasa yang mengalami kerusakan dipusat Kota Banjar sekarang terdata 133 pot. Diantaranya banyak yang berpotensi roboh.

“Diprogramkan perbaikan pot yang rusak itu diperbaiki dari anggaran murni tahun 2020 mendatang. Saat ini sedang kami usulkan. Untuk tahun 2019 ini belum teranggarkan,” ujar H. Ninding kepada “KAPOL”.

Mengantipasi pohon tumbang, termasuk pot yang berkurang besar dan ada tanaman yang tinggi besar, dikatakan dia, pihaknya rutin melakukan pemeliharaaan.

“Berpotensi tumbang langsung dipangkas. Tamanan yang di pusat kota itu berfungsi jadi penuh, sekaligus paru-paru kota. Karena itu, diharuskan selalu memperhatikan keindahan dan keamanan para pengguna jalan raya,” ujar Ninding. (D.Iwan)***

D.IWAN/”KP”
POT raksasa yang tumbang dekat Kantor BRI Cabang Banjar sekitar alun-alun Banjar roboh, Senin (19/8/2019). Langsung ditangani Tim BPBD Kota Banjar.

Komentar

News Feed