oleh

Prajurit Brigif Raider 13/Galuh Ziarah ke Situs Jambansari Ciamis

CIAMIS, (KAPOL).- Mengenang nilai-nilai yang menjadi dasar berdirinya sebuah satuan. Prajurit Brigif Raider 13/Galuh melaksanakan ziarah ke Makam Raden Adipati Aria Kusumadiningrat (Raja Galuh 1839-1886) di Jambansari Kabupaten Ciamis, Selasa (10/9/2019).

Komandan Brigif Rider 13/Galuh Letkol Inf Mochamad Mahbub Junaedi mengatakan, ziarah ini dilakukan dalam rangka HUT Brigif Raider 13/Galuh yang ke – 70 yang jatuh tanggal 11 september 2019.

“Adapun tujuan ziarah ini mengenang nilai-nilai yang menjadi dasar berdirinya Brigif Raider 13 galuh,” katanya usai melaksanakan ziarah.

Menurut Mahbub bahwa dengan ziarah ini berharap  bisa mengambil intisari nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan dari pendahulu bangsa.

“Kami berharap dengan ziarah ini Brigif 13/Galuh bisa lebih profesional dan bisa lebih dicintai rakyat lagi dan tentunya, keberadaan kami bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat, dan lebih besarnya lagi bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Selain itu, mengenai alasan ziarah ke makam kanjeng Prabu di Ciamis, lanjut Mahbub, bahwa Brigif Raider 13/ Galuh dari namanya juga erat dengan sejarahnya. Jaman dulu semenjak berdirinya tahun 1949, namanya ada penggalan nama Galuh.

“Dalam nama Galuh tersebut terdapat nilai-nilai perjuangan untuk mempertahankan Republik Indonesia. Hal ini dilakukan Prabu Kusumadiningrat dan Brigif Raider 13 Galuh sama,” ungkapnya.

Ziarah tersebut diikuti oleh Kasbrigif Raider 13/Galuh Letkol Inf Rizadly ST, para Kasi, dan anggota serta Persit Brigif Raider 13/Galuh. Dihadiri pula Wakil Bupati Ciamis Yana Diana Putra, keluarga keturunan raja Galuh dan segenap aktivis kebudayaan Ciamis. (KP-07).***

Komentar

News Feed