Pramuka Saka Wira Kartika Dibina Yonif Raider 323/BP Kostrad

BANJAR,(KAPOL).-TNI Angkatan Darat melakukan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0613 Ciamis di Mako Yonif Raider 323/BP Kostrad selama dua hari, Sabtu – Minggu (12-13/5/2018).

Pembinaan ini sengaja dilakukan dalam upaya membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan Kebinekaan Tunggal Ika demi menjaga Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0613/Ciamis ini dihadiri Pasi Ter Kodim 0613 Ciamis, Pasi Intel Yonif 323 Raider/BP, Perwakilan Baninsa dari masing masing Koramil jajaran kodim 0613 Ciamis dan peserta Saka Wira Kartika yang berjumlah 200 Orang.

“Kegiatan ini merupakan program kerja satuan atas yang harus dilaksanakan oleh satuan Kodim 0613 ciamis ,” ujar Danramil 1313 Banjar, Mayor Inf Agung Subekti, saat pembukaan pembinaan mewakili Dandim 0613 Ciamis.

Dijelaskan dia, berdasarkan amanat UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, disebutkan, Pasal 7 ayat 1, bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45 serta melindungi segenap bangsa dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara,

Kemudian, ayat 2, bahwa, tugas pokok TNI dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang ( OMP ) dan Operasi militer selain Perang ( OMSP ). Pada butir 8, pemberdayaan wilayah pertahanan dan pendukung secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Sejalan itu, Kodim 0613 ciamis melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan ” pembinaan teritorial”. Hakekatnya, pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang disiapkan dan dibina secara dini itu untuk kepentingan pertahanan Negara.

” Pembinaan kekuatan pendukung itu dengan membina sumber daya manusia ini memiliki peran sangat penting, sebagai pertahanan Non Militer ( Non Military defence ) ,”ujarnya.

Upaya pembinaan sumber daya manusia, diantaranya melalui pembinaan generasi muda gerakan pramuka untuk membentuk generasi yang berdedikasi, disiplin dan cinta tanah air. Hal ini penting guna menciptakan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

“Matari pembinaan yang dilaksanakan selama dua hari ini, meliputi, Proxiwar , sejarah nasional, balatkom, kepedulian sosial lingkungan dan syarat kecakapan khusus,”ujarnya. (D.Iwan)***

Komentari