IKLAN
LINIMASA

Puluhan Desa Gagal Panen

NANANG SUTISNA | Sawah kekeringan di beberapa desa Kabupaten Sumedang

NANANG SUTISNA/”KP” | Sawah kekeringan di beberapa desa Kabupaten Sumedang

SITURAJA, (KAPOL).-
Puluhan hektar sawah di sejumlah desa di Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang gagal panen.

Petani mengaku, terpaksa memanen dini tanaman padi mereka karena tanaman padinya sudah diprediksi tidak akan bisa dipanen.

Kondisi itu lantaran hujan tak turun di wilayah Situraja semenjak 3 bulan yang lalu. Sedangkan pasokan air untuk pengairan sawah, seperti irigasi juga mengering.

Udin (40) petani pemilik sawah di blok Menak, Dusun Sukalare, Desa Jatimekar, mengatakan, pada musim tanam kali ini merupakan masa tanam terburuk. Dia terpaksa memanen tanaman padinya lebih awal dari masa panen yang idealnya dilakukan 3 minggu kedepan.

“Butiran padinya sih masih ada yang bisa diambil. Tapi memang kualitasnya buruk. Karena belum saatnya dipanen,” ujar dia, Kamis (30/7).

Adapun padi yang bisa dipanen, kata dia hanya menghasilkan 20 Kg dari luasan 100 bata. Jauh dari hasil panen normal yang bisa menghasilakan 7 kuintal gabah kering dari luasan 100 bata.

“Saya hanya mengalami tahun ini lah paling buruk. Kalau dihitung ya rugi jutaan rupiah,” ucapnya, diamini sejumlah petani lainnya.

Petani lainnya Indra (33) pemilik lahan sawah di blok Situasem, Desa Cijati juga mengalami hal yang sama.

Dia memilih tanaman menyabit tanaman padinya yang sudah mengering kemudian dijadikan pakan ternak. Diakuinya, dari tanaman padi yang digarapnya sama sekali tidak ada yang bisa di panen.

Sebelumnya awal musim tanam sekitar bulan Maret 2015 pasokan air masih bisa mengairi lahan sawahnya. Namun memasuki bulan kedua, pasokan air mengering sehingga menyebabkan tanaman padi rusak.

“Ya mau gimana lagi, lebih baik tanaman padi saya sabit buat pakan ternak saja. Karena dipanen juga tidak bisa,” ungkapnya.

Diperkirakan dari puluhan hektare lahan sawah yang gagal panen tersebut, petani akan mengalami puluhan juta. (Nanang Sutisna)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top