Puluhan Penjaga Pantai Ikuti Lomba Tingkat Internasional di Pangandaran

 

PANGANDARAN, (KAPOL).-Puluhan peserta yang merupakan para anggota penjaga pantai yang tergabung dalam Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) dari berbagai daerah ikuti kompetisi di pantai barat Pangandaran untuk tingkat internasional.

“Ada juga dua peserta dari penyelamat pantai asal Newzerland dan Autralia ikut dalam kompetisi ini,” ungkap Ketua Balawista Kabupaten Pangandaran, Dodo Taryana, Minggu, 12 Agustus 2018.

Dari 21 peserta kompetisi yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab Pangandaran, Undang Sohbarudin ini kata Dodo, berasal dari Pangandaran, Bandung Trans, Bali, Banten dan Grage Cirebon.

Kompetisi ini juga dihadiri oleh Kementerian Maritim Republik Indonesia yang kebetulan diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Maritim, Gunardi Kusuma.

Lanjut Dodo, adapun kompetisi yang dilombakan, kata Dodo yakni Long swim (enang jauh), board Race (balap papan), beach flag (tongkat bendera), beach sprinte (lari cepat), beach relay (lari estafet), tube rescue Race (balap membawa pelampung).

“Sebelum kompetisi dilakukan, kami telah melaksanakan diklat selama 1 minggu yang diikuti oleh peserta sebanyak 64 orang,” kata Dodo.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Maritim, Gunardi Kusuma, mengapresiasi atas terselenggaranya kompetisi di bidang penyelamatan di pantai yang dilakukan oleh Balawista Kab Pangandaran.

“Apalagi sektor pariwisata itu merupakan sektor unggulan fi semua negara, termasuk di Indonesia,” ungkap Gunardi.

Karena kata dia, pariwisata merupakan salahsatu yang akan meningkatkan devisa negara selain migas dan hasil bumi lainnya. Menurut Gunardi untuk sektor pariwisata sudah mulai meningkat, sedangkan untuk peningkatan pada sektor pariwisata itu yang diperlukan itu ada tiga hal yakni, aksesibilitas, atraksi dan aminitasnya bagaimana, seperti gedung penginapan dan perhotelannya.

“Dan yang paling penting kenyamanan dan keselamatan pengunjungnya, sehingga wisatawan mulai dari datang sampai pulang ke rumahnya bisa aman dan selamat,” ucapnya.

Pemenang kompetisi tahun ini mayoritas dimenangkan peserta dari Pangandaran dan Bali, seperti untuk kelas board race juara satu dan dua diraih oleh anggota Balawista Pangandaran (Riki dan Dian), juara tiga diraih oleh Kadek A (Bali).

Untuk kelas run swim run juara satu oleh Wayan S (Bali), juara dua Ipan dan juara tiga oleh Fadiah (Pangandaran). Long swim juara satu Fadiah dan juara dua Ipan (Pangandaran), juara tiga Wayan S (Bali). (Agus Kusnadi)***

Komentari