IKLAN
PERISTIWA

Puluhan Warga Bentrok di Cipatujah

rusuhCIPATUJAH, (KAPOL).-

Aksi pemalakan diduga menjadi pemicu kericuhan antarwarga, di kawasan objek wisata Pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (20/7/2015). Bentrokan warga seperti itu bukan kali pertama terjadi. Hampir setiap tahun, seusai lebaran, kerap terjadi aksi tawuran ataupun bentrokan massa.

Dari keterangan yang dihimpun KP, bentrokan masa ini melibatkan puluhan pemuda dari Desa Cipatujah dan Desa Bantarkalong, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Penyebabnya ditenggarai karena aksi memalak (meminta uang dengan paksa) yang dilakukan oleh sekelompok pemuda asal Desa Bantarkalong kepada petugas tiket masuk objek wisata Pantai Pasangrahan Cipatujah, sekitar pukul 17.00 wib. Oleh petugas tiket, aksi para pemuda ini dipenuhi dengan memberikan uang sebesar Rp 50.000. Hingga mereka akhirnya berlalu pergi ke arah pantai dan melakukan pesta minuman keras.

Akan tetapi pasca aksi pemalakan ini sejumlah warga Cipatujah tersulut emosi dan melakukan tindakan balas dendam. Mungkin mereka merasa dilecehkan dan tidak terima dengan aksi pemalakan tersebut. Hingga pada pukul 19.00 wib, puluhan masa yang ditenggarai dari Cipatujah lantas melakukan aksi dengan menyerbu kawanan pemalak ini. Bentrokan pun tidak bisa dihindarkan. Akibatnya beberapa orang dilaporkan mengalami luka-luka hingga harus mendapatkan perawatan medis dengan sejumlah jahitan.

Kapolsek Cipatujah, Ajun Komisaris Manuabe menjelaskan, setelah menerima informasi terjadinya tawuran antar masa di Pantai Pasangrahan Cipatujah, pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian guna mengamankan situasi. Meski awalnya sulit dikendalikan, namun polisi berhasil meredam hingga amuk masa lebih besar bisa dihindari. Beruntung dalam kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Walau dilaporkan beberapa orang mengalami luka memar dan sobek akibat pukulan benda tumpul.

“Pada malam itu juga situasi sudah aman terkendali. Kini petugas kami disiagakan guna mengantisipasi terjadinya bentrok susulan,” tegas dia.

Sementara itu Kapolsek Karangnunggal Komisaris Sukardi menerangkan, pihaknya pun ikut turun tangan guna mengamankan situasi pasca terjadinya bentrokan masa. Untuk para korban bentrokan, mereka langsung dilarikan ke puskesmas terdekat. Tidak hanya warga Cipatujah yang mengalami luka, tetapi juga dari kubu pemuda Bantarkalong. Disamping luka benda tumpul, ada juga korban yang mengalami luka akibat sabetan senjata tajam dan harus mendapatkan jahitan medis.

Meski begitu, polisi belum mengamankan pelaku bentrokan dari kedua kubu yang bertikai. Aksi inipun harus menjadi pelajaran agar tidak terus terurang setiap tahunnya. Sebab setiap kali terjadi bentrokan masa, diketahui minat masyarakat untuk berwisata ke Objek wisata Pantai Cipatujah selalu drastis menurun. Masyarakat mungkin malas untuk berwisata bila situasi dan kondisi keamanan di wilayah tersebut selalu mencekam dan tidak aman. (Aris Mohamad F)

Komentari

IKLAN

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top