IKLAN
POLITIKA

Rencana Perpu Pilkada Langgar UUD 45

Maulana Janah (Maja)

Maulana Janah (Maja)

TASIKMALAYA, (KAPOL) –
Rumor tentang rencana Pemerintah Pusat mengeluarkan Perpu tentang Pilkada yang berisi bagi daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon akan ditetapkan langsung oleh Pemerintah tanpa pemilihan mendapat respon negatif berbagai kalangan.

Pengamat Politik di Kab. Tasikmalaya, Maulana Jannah (Maja) menilai Perpu tersebut akan mengebiri demokrasi.

Tidak hanya itu, jika Perpu itu diluncurkan, maka Perpu itu melanggar UUD 1945 yang menyebutkan kedaulatan ada di tangan rakyat.

“Tidak hanya hak partai politik yang terkebiri. Tapi hak masyarakat publik. Kalau Perpu itu diluncurkan, demokrasi terkebiri,” kata Maja kepada KAPOL, Senin (3/8/2015).

Seharusnya, imbuh Maja, sebelum merencanakan Perpu tersebut, Pemerintah melihat situasi dan kondisi secara nasional. Apakah kondisi itu (hanya satu calon kepala daerah) terjadi di seluruh Indonesia atau tidak. Dorurot atau tidak.

“Ini kan tidak (dorurot). Maka jika memang hanya satu calon, solusi terbijaknya adalah Pilkada diundur dan kepala daerah diPLTkan. Toh aturan untuk itu juga jelas,” Dosen Fakultas Dakwah Institute Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya itu.

Selain itu, kata Maja, Ia melihat rencana Perpu tersebut sebagai bentuk oligarki penguasa yang mengancam demokrasi. Andai Perpu itu dijalankan, kata Maja, akan melahirkan dinasti penguasa dari golongan tertentu.

“Yang perlu di ingat, negara kita bukan negara dengan sistem kerajaan monarki absolute. Negara kita negara demokrasi,” ujarnya. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top