IKLAN
LINIMASA

Ribuan Hektar Sawah Kering

gagal-panen.jpgTASIKMALAYA, (KAPOL) –
Kemarau panjang yang melanda wilayah Kab. Tasikmalaya hampir merata ke berbagai daerah di Kab. Tasikmalaya. Data yang dihimpun Kapol dari Asda I Kab. Tasikmalaya, H. Budi Utarma menyebutkan ada 24 Kecamatan dan 198 desa yang dilaporkan mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

“Hampir metara dari mulai utara, tengah dan selatan Kab. Tasikmalaya,” ujar Budi, Selasa (11/8/2015) pagi.

Data tersebut, kata Budi, diperoleh dari Dinas Sosial, BPBD, Dinas Pertanian dan beberapa OPD lainnya usai rapat kordinasi antisipasi kekeringan di Setda Kab. Tasikmalaya. Lebih jelasnya lagi, kata Budi, ada 7800 hektar lahan sawan di Kab. Tasikmalaya yang mengalami kekeringan. 377 hektar di antaranya sudah dipastikan puso atau gagal panen. Selain itu, masih ada sekitar 4800 hektar lahan lainnya yang terancam gagal panen.

“Hari ini kita lakukan rapat kordinasi untuk mengantisipasi kekeringan panjang dan solusinya,” imbuh Budi.

Rencananya, kata Budi, mulai Rabu (12/8/2015) besok, Pemerintah Kab. Tasikmalaya akan turun tangan langsung membagikan air bersih secara continue ke beberapa daerah terdampak kekeringan.

“Besok agendanya ke Cisayong dan Cigalontang,” imbuhnya.

Program pembagian air bersih nantinya akan melibatkan PDAM Tirta Sukapura, BPBD dan Tarkim. Selain program pembagian air bersih, kata Budi, Pemerintah Kab. Tasikmalaya juga sudah membagikan sebanyak 31 pompa air ke 30 kelompok tani di Kab. Tasikmalaya.

“Hanya kendalanya pompanya sudah kita bagikan. Tapi sumber airnya kering. Meskipun demikian pompa yang dibagikan itu sangat membantu para petani untuk mengantisipasi kekeringan dan gagal panen,” ujarnya.

Belum bisa dipastikan sampai berapa lama program pembagian air bersih dan antisipasi kekeringan ini akan digulirkan. Menyesuaikan dengan kondisi cuaca. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top