Ribuan siswa SMA/SMK se-Jabar, Ikuti Ma’soem University Cup 2019

Diikuti 172 tim dari 72 sekolah

JATINANGOR, (KAPOL).- Sejumlah siswa dari sebanyak 72 sekolah dari perwakilan SMA/SMK se-Jawa Barat termasuk Priangan Timur, mengikuti “Ma’soem University Cup 2019” di Dome Al Ma’soem Jalan Raya Garut-Bandung, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Minggu (14/4/2019).

Rektor Universitas Ma’soem, Ir. H. Dadang Muhamad Ma’soem mengatakan, para peserta yang ikut serta pada even Ma’soem University Cup ini merupakan para siswa SMK dan SMA se-Jabar.

“Peserta kegiatan ini, setiap tahunnya ada peningkatan termasuk peningkatan prestasi dan hadiah,” kata Dadang pada saat membuka Ma’soem University Cup 2019.

Ajang Ma’soem University Cup itu dilaksanakan sampai dengan 4 Mei 2019 mendatang.

“Even tahunan ini, kini diikuti 172 tim dari 72 sekolah. Peserta mengikuti sejumlah cabang olahraga dan seni. Ma’soem University Cup ini, sebelumnya bernama piala STKOM dan STIBANKS Al Ma’soem,” ucap Dadang.

Dari 172 tim itu, yakni 57 tim mini soccer, 34 tim bola basket SMA putera, 15 tim bola basket SMA puteri, 17 tim bola voli SMA putera, 32 tim badminton dan 17 kelompok band.

Dikatakan, Ma’soem University Cup ini diikuti peserta berasal dari Kabupaten Garut, Sumedang, Bandung, Bandung Barat, Kota Bandung dan daerah lainnya.

Ia berharap, ajang kompetisi ini bisa dilaksanakan secara baik dan sehat, selain itu menjungjung sportivitas.

“Jika dalam pertandingan ada tim yang tidak fear, panitia bisa bersikap tegas. Kalau perlu didiskualifikasi. Kita belajar menjungjung sportivitas,” ucapnya.

Dadang tak berharap, di antara tim yang kalah menyimpan rasa dendam dan iri kepada pemenang.

Dadang mengingatkan kepada para peserta untuk belajar dari sekarang menjadi orang baik.

“Belajar disiplin, pegang kejujuran, dalam berbagai kegiatan. Jika kalah, harus jujur menerimanya. Selain itu harus bersikap disiplin dan sederhana, meski yang namanya kedisiplinan hampir purna atau punah di negeri. Kecuali TNI dan Polri yang masih disiplin dan tepat waktu dalam kegiatan,” kata Dadang.

Dadang mengatakan, pelaksanaan Ma’soem University Cup 2019 ini, setelah sebelumnya Ma’soem University atau Universitas Ma’soem diresmikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Selasa (9/4/2019).

“Mudah-mudahan bisa berkembang menjadi Universitas di Bandung Timur yang bisa mencerdaskan bangsa Indonesia. Hari ini merupakan tahun pertama dilaksanakan Ma’soem Universitas Cup 2019, diharapkan bisa dilaksanakan tiap tahun,” katanya.

Universitas Ma’soem, diharapkan menjadi universitas yang sejajar dengan universitas lainnya di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Menurutnya, pendirian Universitas Ma’soem ini berkiprah dan mencerdaskan anak bangsa, selain generasi milenial.

“Diharapkan bisa melahirkan sarjana unggul, berkarakter, cageur bageur tur pinter,” tutur Dadang.

Ia mengatakan, Universitas Ma’soem akan mendirikan asrama dan pesantren untuk mahasiswa, dengan harapan bisa segera terwujud.

“Syarat universitas baik dan besar harus menyediakan asrama, selain mendirikan pesantren. Nantinya, asrama menjadi pesantren. Apa yang kita cita-citakan bisa segera terwujud,” ujarnya.

Selain dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kata dia, juga sesuai dengan kompetensi pada bidang program studi yang disiapkan di universitas tersebut.

Dikatakan, bukan hanya mendidik, mahasiswa lulusan Universitas Ma’soem menjadi lulusan yang relatif siap bekerja.

“Siap membangun dan menghasilkan lapangan kerja bagi yang lain,” ucapnya.

Ia mengatkan, para siswa yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak suara pada pemilu 17 April 2019, untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Tolong jangan golput. Saya sebagai abdi negara harus mengingatkan,” katanya. Di tangan-tangan pemilih tersebut untuk menentukan pemimpin kedepan,” katanya.

Ia mengajak peserta yang sudah menjadi haknpilih pemilu, agar bisa memilih berdasarkan hati nurani.

Pada masa tenang pemilu, kata dia, tak boleh mengadu program diantara calon atau peserta pemilu. (Azis Abdullah)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...