oleh

RKB BRI Asah Kemampuan Para Pelaku UMKM Kota Tasik

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Keterampilan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kota Tasikmalaya harus terus ditingkatkan.

Itu penting dilakukan agar mampu bersaing di era teknologi digital saat ini. Dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank BRI secara rutin melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM di wilayah Kota Tasikmalaya. Selama dua hari, belasan pelaku UMKM di bawah binaan RKB Bank BRI diasah kemampuannya di bidang tata rias atau kecantikan, penampilan, dan publik speaking dasar.

Itu sebagai modal awal bagi para pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Agar usaha yang digelutinya bisa berkembang pesat. Pelatihan sendiri dilaksanakan di RKB BRI di Jalan Siliwangi Kota Tasikmalaya pada Rabu (4/9/2019) dan Kamis (5/9/2019.

“Para pelaku UMKM harus mampu tampil menarik, karena akan banyak berhubungan dengan banyak orang. Menarik itu secara fisik, atau tampil cantik dan cantik secara kepribadian,” pesan Bu Yayu Rismawan kepada para peserta.

Bu Yayu Rismawan merupakan ahli di bidang tata rias, baik tata rias pengantin, tata rias kecantikan dan juga kecantikan kulit. Ia sebagai Ketua Komunitas Penata Rias Tasikmalaya.

Jebolan LPTB Susan Budiharjo dan LPK Ariyanti John Robert Power itu juga sebagi Ketua Komunitas Merajut Tasikmalaya dan memiliki misi memberdayakan pengrajin rajutan tangan menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Para peserta selain mendapatkan ilmu juga mendapatkan trial kit make up dan hadiah yang disiapkan oleh pemateri bagi peserta yang berhasil merias dengan sempurna.

“RKB terus melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM binaan secara berkala. Selain menambah pengetahuan, pelatihan juga menjadi ajang silaturahmi antara para pelaku UMKM binaan RKB Bank BRI,” kata Koordinator UMKM Binaan RKB Bank BRI, Teti Wartika yang karib disebut Ma Utet Jumat (6/9/2019).

Kata dia pada pertemuan tersebut setidaknya ada belasan pelaku UMKM yang ikut pelatihan. Mereka diajarkan bagaimana cara merias agar terlihat cantik dan menarik, belajar menata penampilan dan cara berbicara dengan menghadirkan pemateri yang handal di bidangnya.

“Pada pertemuan kemarin itu RKB menghadirkan Ketua Komunitas Penata Rias Tasikmalaya, Bu Yayu Rismawan. Dan beliau banyak berbagi ilmu kepada kami yang sangat bermanfaat sekali. Ilmu yang sangat luar biasa,” katanya.

Ma Utet yang mempunyai produk dengan brand Ma Utet, berharap dengan adanya kegiatan rutin seperti ini para pelaku UMKM bisa memiliki keterampilan dan wawasan yang luas di berbagai bidang. Sehingga para pelaku UMKM kota Tasik bisa bersaing dengan UMKM daerah lain bahkan negara lain.

Para peserta pelatihan yang merupakan pelaku UMKM binaan RKB Bank BRI mengaku bersyukur bisa menjadi binaan RKB Bank BRI. Karena selama menjadi anggota terus dibina dan tidak dibiarkan begitu saja.

Agenda kegiatan kata dia sangat bermanfaat, menambah pengetahuan dan keterampilan serta mempererat silaturahim antar anggota UMKM dan bisa saling tukar pengalaman dan pengetahuan.

“Alhamdulillah banyak ilmu yang diperoleh dengan gabung menjadi anggota binaan RKB Bank BRI. Selama ini kita sering mendapatkan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi pengembangan usaha kami,” kata salah seorang pelaku UMKM.

Ia mengharapkan pelatihan terus dilakukan dengan materi-materi lain dengan menghadirkan pemateri yang handal di berbagai bidang. Sehingga para pelaku UMKM bisa berdaya saing dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Sebelumnya pihak RKB juga pernah menggelar pelatihan merajut bagi para anggota. Dan setiap kegiatan para peserta sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun alis gratis. (KP-03)***

Komentar

News Feed